Mengenal Sejarah Singkat Permainan Tenis Meja dalam Dunia Olahraga

16 Mar 2023

Ilustrasi Jelaskan Sejarah Singkat Permainan Tenis Meja dalam Dunia Olahraga. (Foto: Brett_Hondow by https://pixabay.com/id/)

Pernahkah kamu bermain olahraga tenis meja? Faktanya tenis meja merupakan salah satu kategori olahraga bola kecil yang populer sampai saat ini. Jelaskan sejarah singkat permainan tenis meja!

Tenis meja adalah olahraga yang biasa dimainkan oleh dua pemain atau dua pasangan menggunakan raket/bat yang saling berlawanan satu sama lain.

Adapun permainan ini memakai raket yang dibuat dari papan kayu yang sudah dilapisi dengan karet yang sering disebut dengan bat, sebuah bola pingpong, serta lapangan permainan yang berupa meja. Artikel kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai tenis meja.

Baca juga: Cara agar Dapat Meningkatkan Keterampilan Bermain Tenis Meja

Jelaskan Sejarah Singkat Permainan Tenis Meja!

Ilustrasi Jelaskan Sejarah Singkat Permainan Tenis Meja dalam Dunia Olahraga. (Foto: Djimenezhdez by https://pixabay.com/id/)

Sejarah singkat permainan tenis meja berawal dari Inggris pada abad ke-19 dengan beberapa sebutan, yaitu gossima, pingpong, dan whiff-whaff. Permainan ini diadopsi dari permainan tenis lapangan.

Dikutip dari Buku Ajar Teori dan Praktik Permainan Tenis Meja yang ditulis oleh Andi Kasanrawali (2021: 3), awalnya ping-pong dijadikan sebagai merek dagang sebuah perusahaan yang berasal dari Inggris pada tahun 1901.

Setelah resmi menjadi merek dagang, nama ping-pong kemudian dipakai untuk permainan yang menggunakan peralatan dari perusahaan milik J. Jaques & Son Ltd. tersebut.

Pada tahun 1920-an, J. Jaques & Son Ltd menjual hak nama ping-pong kepada Parker Brothers yang berasal dari Amerika. Parker Brothers pun juga menjadikan pingpong sebagai merek yang banyak digunakan oleh organisasi-organisasi.

Pada awalnya permainan tenis meja belum dianggap sebagai olahraga, permainan tenis meja hanya dilakukan oleh kaum bangsawan untuk mengisi waktu luang setelah selesai makan malam.

Peralatan yang mereka gunakan juga sangat sederhana, yaitu sebaris buku yang dijadikan sebagai pembatas atau net yang disusun di atas meja makan dan bola yang terbuat dari karet atau gabus.

Selain itu, mereka juga menggunakan buku atau kulit binatang sebagai pemukul bola atau yang sekarang dikenal dengan sebutan bat. Kemudian permainan tenis meja mulai mengalami perkembangan dari masa ke masa.

Demikian penjelasan mengenai jawaban dari pertanyaan jelaskan sejarah singkat permainan tenis meja. Semoga bermanfaat! (CHL)


Comments