Pengertian dan Proses Terbentuknya Batuan Beku

23 May

Ilustrasi pengertian dan proses terbentuknya batuan beku. Foto: Unsplash/Jacek Dylag

Jelaskan bagaimana proses terbentuknya batuan beku! Pertanyaan mengenai batu batuan beku seringkali dijumpai dalam pelajaran Geografi. Batuan beku umumnya terdapat di daerah pegunungan.

Selain itu juga, batuan yang satu sering kali digunakan dalam berbagai hal, sehingga pengertian mengenai batuan beku seringkali membuat penasaran.

Pengertian Batuan Beku

Ilustrasi pengertian dan proses terbentuknya batuan beku. Foto: Unsplash/Fabrizio Conti

Pengertian dari batuan beku atau igneous rock adalah jenis batuan yang terbentuk dari magma yang mendingin dan mengeras, dengan atau tanpa proses kristalisasi, baik di bawah permukaan sebagai batuan intrusif (plutonik) maupun di atas permukaan sebagai batuan ekstrusif (vulkanik). Magma ini dapat berasal dari batuan setengah cair ataupun batuan yang sudah ada, baik di mantel ataupun kerak bumi.

Umumnya proses pelelehan terjadi oleh salah satu dari proses-proses yang di antaranya adalah kenaikan temperatur, penurunan tekanan, atau perubahan komposisi. Lebih dari 700 tipe batuan beku telah berhasil dideskripsikan, sebagian besar terbentuk di bawah permukaan kerak bumi.

Proses Terbentuknya Batuan Beku

Ilustrasi proses terbentuknya batuan beku. Foto: Unsplash/Pascal Debrunner

Dikutip dari buku Pengantar Ilmu Batuan oleh M. Chaerul (2017), proses-proses yang terjadi pada pembentukan batuan beku meliputi:

Diferensiasi Magma

Diferensiasi magma yaitu proses pemisahan magma homogen dalam fraksi-fraksi dengan komposisi yang berbeda akibat pengaruh dari migrasi ion-ion atau molekul-molekul di dalam magma, perpindahan gas-gas, pemindahan carian magma dengan cairan magma lain dan filterpressing (pemindahan cairan sisa ke magma lain).

Diferensiasi magma terjadi selama proses pembekuan magma, di mana kristal-kristal terbentuk tidak bersamaan, akan tetapi terjadi pemisahan kristal dengan cairan magma yang disebut dengan diferensiasi kristalisasi.

Asimilasi

Asimilasi adalah proses reaksi atau pelarutan antara magma dengan batuan di sekitarnya (Wall Rock) yang umumnya terjadi pada intrusi magma basa terhadap batuan asam.

Proses Pencampuran dari Magma

Selama proses kristalisasi berlangsung, ada kecenderungan untuk mempertahankan keseimbangan antara fase padat dan cair. Dalam hal ini kristal-kristal yang awal terbentuk akan bereaksi dengan cairan magma sehingga mengalami perubahan komposisi, reaksi ini terus terjadi pada kristalisasi mineral-mineral plagioklas.

Deret Bowen

Magma dalam perjalanan naik dapat juga mulai kehilangan mobilitasnya ketika masih dalam litosfer dan membentuk dapur magma sebelum mencapai permukaan. Keadaan tersebut magma akan membeku di tempat dan ion-ion di dalamnya kehilangan bebas gerak dan menyusun diri membentuk batuan beku di dalam permukaan bumi (intrusif).

Baca Juga: Jenis-jenis Siklus Batuan dan Proses Terbentuknya

Dengan terdapat beberapa cara dari terbentuknya batuan beku, membuat batuan yang satu ini cukup mudah ditemukan, terutama di daerah pegunungan.(MZM)


Comments