Saat Airbag Mobil Disulap Jadi Sepatu

9 days ago

Sepatu Asics yang terbuat dari bahan material bekas airbag mobil. Foto: Carscoops

Pemanfaatan material bekas pakai dan dapat didaur ulang menjadi tren yang tengah berkembang di industri fesyen, Asics salah satunya, yang memanfaatkan komponen mobil untuk diubah menjadi sepatu.

Brand pakaian dan perlengkapan olahraga asal Jepang itu bekerja sama dengan Toyoda Gosei, salah satu penyuplai komponen mobil Toyota, untuk membuat sepatu dari material bekas kantong udara atau airbag mobil.

Keduanya memanfaatkan bahan fabric yang merupakan salah satu bahan pembentuk airbag mobil, untuk dijadikan bagian atas sepatu yang diberi nama Asics Gel-Sonoma 15-50, yang mana desainnya mengambil dari varian sepatu lari Gel-Sonoma.

Bahan fabric tersebut dinilai kuat, fleksibel, dan memiliki daya tahan yang sangat tinggi. Jadi punya umur pakai yang panjang. Cocok untuk karakteristik penggunaan sepatu lari pada umumnya, mengutip Carscoops dan laman resmi Toyoda Gosei.

Sepatu Asics yang terbuat dari bahan material bekas airbag mobil. Foto: Carscoops

Sepatu yang seluruhnya berwarna putih tersebut --karena material airbag-nya, beberapa bagiannya juga diberi sentuhan berwarna merah. Termasuk tulisan penomoran yang masih asli dari komponen yang diambil.

Sepasang sepatu ramah lingkungan itu baru dipasarkan di Jepang dengan harga 16.500 yen atau setara dengan Rp 1,9 jutaan pada 26 Januari mendatang. Ini sejalan dengan misi keberlanjutan kedua perusahaan.

Selain sepatu, Toyoda Gosei juga pernah menyulap komponen mobil lainnya menjadi seperti tas, tempat pulpen, dan produk lainnya. Selain dengan fabric airbag, juga menggunakan sisa bahan kulit yang tak digunakan untuk interior mobil baru.

***


Comments

Recommendation