Cara Login Menggunakan Security Key

Last modified: 26 Jan 2022

Apa itu login menggunakan security key?

Login menggunakan security key adalah fitur login dengan memanfaatkan Web Authentication API pada browser. Singkatnya kamu meregistrasi otentikasi pada browsermu, lalu browser kamu akan merespon dengan kunci publik dan kunci pribadi.

Kunci pribadi disimpan browser, dan kunci public tersimpan pada database Portalnesia. Ketika kamu login, Portalnesia akan memberikan kunci publik ke browsermu, lalu browser akan mencocokkan kunci publik dan kunci pribadinya, dan hasilnya diterima kembali oleh Portalnesia. Jika kunci cocok, maka kamu berhasil login.

Selengkapnya mengenai Web Authentication Api, kamu bisa baca di developer.mozilla.org atau di en.wikipedia.org

Jadi kamu bisa login dengan menggunakan sidik jari yang ada pada device mu. Portalnesia menggunakan security key untuk verifikasi dua langkah, jadi pertama-tama kamu harus tetap menggunakan kata sandimu.

Untuk menambahkan security key, pastikan browser kamu mendukung Web Authentication API.

 

Buka setting pada menu.

Gambar 1. Tampilan Dashboard Portalnesia

 

 

 

Klik manage pada Two Factor Authentication

HARAP PERHATIKAN

  • Kamu wajib mengaktifkan fitur Two Factor Authentication atau Verifikasi Dua Langkah (dengan menyalakan yang dilingkari pada gambar 2.)
  • Kamu juga wajib mengaktifkan Mobile App Authentication agar bisa menggunakan security key. Jika Mobile App Authentication tidak aktif, meskipun kamu sudah mendaftarkan security key, pada saat login, kamu tidak akan bisa menggunakannya.

*Mobile App Authentication adalah metode otentikasi menggunakan kode (Seperti One Time Password) dari aplikasi mobile yang mendukung, misalnya menggunakan Google Authenticator. Jika kamu sudah menambahkan nomor telepon atau menambahkan akun telegram pada profilmu, kamu juga bisa mendapatkan kodenya melalui SMS atau akun telegram.

Tetapi kamu tetap harus menggunakan Aplikasi google authenticator atau sejenisnya. Selengkapnya: portalnesia.com/blog/cara-mengaktifkan-verifikasi-dua-langkah

Gambar 2. Tampilan Setting

 

 

Klik tombol add untuk menambahkan security key

*kamu hanya bisa menambahkan maksimal 4 device.

Gambar 3. Tampilan UI Security Key Portalnesia

 

 

Masukkan kata sandi akun Portalnesia kamu.

Gambar 4. Tampilan UI Masukkan Kata Sandi

 

Klik Get Started

Gambar 5. Tampilan UI Security Key pada Browser

 

Pilih metode otentikasi, misalnya sidik jari. Lalu konfirmasikan sidik jari kamu.

Gambar 6. Tampilan UI Security Key pada Browser

 

Pada langkah nomor 5 dan 6, tampilan dan caranya berbeda-beda tergantung OS device kamu. Gambar yang kami tampilkan menggunakan Custom OS Android 10.

 

Selesai

Pada langkah ini, kamu sudah berhasil mendaftarkan security key device kamu. Kamu akan diarahkan kembali ke halaman setting.

Gambar 7. Tampilan UI Security Key Portalnesia

 

Kamu sudah berhasil melakukan pendaftaran, saatnya untuk mencoba login.


Masuk ke accounts.portalnesia.com/login, lengkapi username/email dan kata sandi kamu. Kemudian klik login.

Jika kamu sudah melengkapi persyaratan untuk menggunakan verifikasi dua langkah, kamu akan diarahkan ke halaman verifikasi dua langkah.

Dan jika kamu sudah berhasil mendaftarkan security key mu, maka jendela (window) untuk melakukan verifikasi akan muncul otomatis. Kemudian lalukan verifikasi (contoh menggunakan sidik jari)

Gambar 9. Tampilan UI Verifikasi Dua Langkah dan Security Key pada Browser

 

Setelah verifikasi (menggunakan sidik jari) dan jika kami berhasil memverifikasi bahwa akun itu benar-benar milikmu, maka kamu akan berhasil login dan dapat melanjutkan aktivitas internet lainnya pada Portalnesia.

Gambar 10. Tampilan Verifikasi Dua Langkah Sukses

 

Sekian untuk tutorial login menggunakan security key. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya pada kami :)

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Comments

Other Posts