Cara Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah Menggunakan Mobile App Authentication

Last modified: 26 Jan 2022

Sebelumnya kita sudah membahas tentang verifikasi dua langkah dengan menggunakan security key browser (sidik jari, pin, dsb). Kali ini kami mau membahas topik yang sama, tetapi menggunakan metode yang berbeda, yaitu Mobile App Authentication.

Mobile App Authentication adalah metode verifikasi menggunakan kode sekali pakai (one time password). Jadi ketika kamu berhasil login, kamu akan dimintai kode yang kamu dapat dari aplikasi sejenis google authenticator. Kode tersebut unik dan rahasia, kamu pun tidak boleh memberikan kode tersebut kepada siapapun agar akun kamu aman.

 

Jadi bagaimana cara mengaktifkannya?

 

Download aplikasi

Pertama-tama kamu harus mendownload aplikasinya. Kamu bisa menggunakan Google Authenticator, Duo Mobile, atau aplikasi sejenis lainnya. Pada tutorial ini, kami menggunakan aplikasi duo mobile. Tetapi secara umum, langkah-langkahnya gak jauh beda kok.

 

Aktifkan Mobile App Authentication

Halaman setting Portalnesia

Aktifkan Mobile App Authentication pada halaman setting Portalnesia. Juga jangan lupa untuk mengaktifkan Two Factor Authentication terlebih dahulu.

Masukkan kata sandi kamu, dan klik tombol Submit.

 

Tambahkan Portalnesia pada aplikasi

Aplikasi Duo Mobile

 

Halaman setting Portalnesia

 

Tambahkan konfigurasi yang kami berikan, bisa menggunakan QR code, bisa juga dengan menyalin kode dan tempelkan pada aplikasi authenticatormu.

 

Masukkan kode yang ditampilkan pada aplikasi authenticator

Aplikasi Duo Mobile

 

Halaman setting Portalnesia

 

Sebagai langkah verifikasi bahwa kamu sudah menambahkan konfigurasi yang kami berikan pada aplikasi authenticatormu, kamu harus memasukkan kode yang ditampilkan pada aplikasi authenticator. 

Lalu klik tombol Verify.

Yak, kamu telah berhasil menambahkan satu lagi metode verifikasi dua langkah. 

 

Lalu bagaimana cara kerja pada saat kamu melakukan  proses login?

Caranya mirip dengan langkah-langkah login menggunakan security key

Verifikasi dua langkah Portalnesia

 

Hanya saja pada halaman verifikasi dua langkah, kamu tidak menggunakan sidik jari, tetapi menggunakan 6 kode yang ditampilkan pada aplikasi authenticatormu tadi.

Kode tersebut juga bisa dikirimkan melalui SMS (jika kamu sudah melakukan verifikasi nomor HP) dan melalui Telegram (jika kamu sudah memverifikasi akun telegram kamu).

 

Sekian dulu tutorial kali inii, sampai ketemu lagi :)

 

 

 

 

 

 


Category: Tutorial

Login
Comments

Other Posts