2 Contoh Hasil Cetak Tinggi yang Digunakan dalam Kehidupan Sehari-Hari

10 days ago

Ilustrasi Sebutkan 2 Contoh Hasil Cetak Tinggi. Sumber: Pexels/Markusspiske

Seni rupa grafis memiliki sejumlah teknik. Salah satu teknik yang sering digunakan dan diaplikasikan pada barang adalah cetak tinggi. Sebutkan 2 contoh hasil cetak tinggi!

Seperti namanya, cetak tinggi memanfaatkan ketinggian medium untuk mencetak desain. Dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak produk atau barang yang menggunakan teknik cetak tinggi. Misalnya adalah stempel.

Mengenal Teknik Cetak Tinggi

Ilustrasi Sebutkan 2 Contoh Hasil Cetak Tinggi. Sumber: Pexels/Cottonbro

Dikutip dari buku Pembuatan Batik Semarang Motif Tahu Petis dengan Teknik Cetak Tinggi, Sulaiman (2023), cetak tinggi (relief printing) adalah teknik cetak yang acuan cetaknya yang terkena tinta adalah bagian yang tinggi, misalnya adalah Letter Press (acuan cetak dengan bahan keras) & Flexografi (acuan cetak dengan bahan lunak/elastis).

Teknik ini menggunakan cetakan yang bahannya dapat dicukil. Dengan demikian, permukaan pada media akan memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Ketinggian yang berbeda tadi dapat menghasilkan bentuk yang menyerupai layaknya relief. Oleh sebab itu, cetak tinggi ini juga dikenal sebagai relief printing.

Sebutkan 2 Contoh Hasil Cetak Tinggi dalam kehidupan Sehari-Hari

Ilustrasi Sebutkan 2 Contoh Hasil Cetak Tinggi. Sumber: Pexels/Anntarazevich

Sebutkan 2 contoh hasil cetak tinggi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari! Terdapat banyak sekali contoh barang yang menggunakan teknik tersebut. Berikut contohnya yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

1. Stempel

Stempel merupakan alat yang menggunakan karet sebagai media cetaknya. Hasil dari cetakan berasal dari gambar atau tulisan yang dibuat sedemikian rupa di bagian permukaan stempel.

Stempel digunakan untuk mencetak teks maupun gambar pada kertas, kayu, dan lain sebagainya. Contohnya digunakan untuk stempel dokumen, logo perusahaan, maupun tanda tangan.

Stempel yang biasa dijumpai berbahan dasar karet. Namun, sebenarnya stempel juga dapat terbuat dari logam dan plastik.

2. Batik Cap

Batik merupakan kain khas Indonesia. Batik memiliki beberapa jenis. Salah satunya adalah batik cap. Untuk membuat batik cap maka harus menggunakan teknik cetak tinggi.

Cap untuk batik tulis terbuat dari karet atau plastik. Stempel juga memiliki bagian yang dapat diisi menggunakan tinta atau pewarna kain. Dibandingkan dengan batik tulis, batik cap terlihat lebih rapi dan seragam. Hal itu karena motif dicetak menggunakan alat khusus seperti stempel.

Baca juga: 3 Bahan Cetak Tinggi dan Contoh Hasil Karya Seni Cetak Tinggi

Sebutkan 2 contoh hasil cetak tinggi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari! Ada banyak contohnya, misalnya adalah stempel dan juga batik cap. Semoga membantu. (FAR)


Comments