4 Toner untuk Remaja agar Kulit Sehat Terawat

10 days ago

Ilustrasi remaja menggunakan toner. Foto: Shutter Stock

Dalam rangkaian perawatan kulit wajah, penggunaan toner merupakan tahapan yang tidak boleh dilewatkan termasuk bagi remaja. Ada beberapa toner untuk remaja yang bisa menjadi pilihan agar wajah sehat dan glowing.

Merujuk laman Cleveland Clinic, toner berfungsi untuk menghilangkan kotoran yang masih tersisa setelah mencuci wajah. Produk ini juga membantu kulit untuk lebih “siap” menyerap skin care selanjutnya, seperti serum, moisturizer, dan lain-lain.

Berdasarkan fungsinya, ada tiga jenis toner yang sering ditemukan di pasaran. Mulai dari toner biasa yang hanya membersihkan kotoran, toner untuk melembapkan (essence), dan toner untuk mengangkat sel kulit mati (exfoliating toner).

Rekomendasi Toner untuk Remaja

Ilustrasi remaja pakai toner. Foto: Prostock-studio/Shutterstock

Dalam laman WebMD dijelaskan, kulit remaja biasanya lebih rentan berjerawat karena kelenjar minyak di tubuh menjadi semakin aktif. Untuk mengatasi masalah ini, cobalah beberapa toner berikut, Ladies.

1. Azarine Mild Purifying Toner - Rp 69.000

View post on Instagram
 

Toner dari brand Azarine ini berfungsi untuk menetralkan pH kulit setelah mencuci wajah. Tidak hanya itu, formulanya juga dapat membantu mengatasi masalah jerawat, minyak berlebih, komedo, dan pori-pori besar.

Bagi kulit sensitif, toner ini pun bisa jadi pilihan karena kandungan utamanya adalah succinic acid, bahan alternatif salicylic acid yang lebih ringan untuk kulit sensitif. Produk ini juga tidak mengandung alkohol, minyak, dan parfum yang seringkali mengiritasi kulit.

2. N'PURE Centella Asiatica Face Toner - Rp 130.000

View post on Instagram
 

Dalam laman resminya, N’PURE mengklaim bahwa toner ini bisa digunakan mulai dari usia 14 tahun. Fokus utamanya untuk mengatasi peradangan berbagai jenis jerawat, seperti papula, pustula, dan cystic.

Bahan utama yang menjadi hero dalam toner ini adalah daun centella asiatica yang memberikan efek menenangkan pada kulit iritasi. Produk ini juga diperkaya kandungan tranexamic acid yang membantu mencerahkan kulit wajah dan menyamarkan noda hitam bekas jerawat.

3. SKINTIFIC Pure Centella Acne Calming Toner - Rp 139.000

View post on Instagram
 

Terdapat tiga bahan utama dalam toner Skintific ini, yakni centella asiatica, ectoin, dan ceramide. Centella asiatica terkenal efektif dalam menenangkan jerawat yang sedang meradang.

Ectoin mampu menghidrasi kulit secara intensif sehingga kulit tetap lembap. Sedangkan ceramide yang menjadi andalan Skintific dalam hampir semua produknya berfungsi menjaga skin barrier agar kulit tetap sehat.

4. SOMETHINC GLOW MAKER AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner - Rp 130.900

View post on Instagram
 

Toner dari Somethinc ini termasuk toner eksfoliasi, artinya mampu mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit jadi lebih glowing. Biasanya toner eksfoliasi digunakan 2-3 kali dalam satu minggu. Namun, toner yang satu ini diklaim bisa dipakai sebanyak satu kali setiap hari.

Toner ini juga diklaim cocok untuk kulit sensitif dan kulit berjerawat. Jika digunakan secara teratur, manfaat yang akan dirasakan adalah kulit jadi lebih cerah, komedo berkurang, dan pori-pori mengecil. Namun, penting untuk dicatat bahwa toner eksfoliasi ini hanya direkomendasikan bagi remaja yang sudah menginjak usia 17 tahun.

Baca Juga: Rekomendasi Serum Wajah untuk Remaja, Semua Produk Lokal


Comments