5 Kebijakan yang Dilakukan oleh Negara Berkembang dalam Mengurangi Pengangguran

08 Nov

Ilustrasi Deskripsikan dengan singkat beberapa kebijakan yang pada umumnya dilakukan oleh negara berkembang dalam mengurangi pengangguran, sumber: pexels/AndreaPiacquadio

Deskripsikan dengan singkat beberapa kebijakan yang pada umumnya dilakukan oleh negara berkembang dalam mengurangi pengangguran! Seperti yang diketahui, pengangguran dapat disebabkan oleh berbagai faktor.

Para pemangku kepentingan perlu menelisik berbagai faktor tersebut agar dapat mengambil solusi yang tepat untuk mengatasinya. Oleh karena itu, penting sekali mengetahui cara mengatasi pengangguran yang tepat.

Kebijakan yang Dilakukan Negara Berkembang untuk Mengurangi Pengangguran

Ilustrasi Deskripsikan dengan singkat beberapa kebijakan yang pada umumnya dilakukan oleh negara berkembang dalam mengurangi pengangguran, sumber: unsplash/ChristinaWocinte

Deskripsikan dengan singkat beberapa kebijakan yang pada umumnya dilakukan oleh negara berkembang dalam mengurangi pengangguran! Mengutip buku Modus Operandi Pidana Khusus di Luar KUHP oleh Alfitra (2014), pengangguran dapat menyebabkan pertumbuhan ekonomi menjadi terhambat.

Beberapa kebijakan yang bisa diterapkan negara berkembang untuk mengatasi pengangguran yakni sebagai berikut:

1. Meningkatkan Mutu Pendidikan

Langkah pertama yang perlu diterapkan untuk meminimalkan pengangguran yakni dengan memeratakan pendidikan dan meningkatkan kualitasnya. Hal ini berguna untuk mendorong naiknya kualitas sumber daya manusia, sehingga meluaskan kesempatan kerja bagi usia produktif.

2. Meningkatkan Keterampilan Tenaga Kerja

Kebijakan berikutnya yang bisa diterapkan adalah meningkatkan ketrampilan kerja bagi sumber daya manusia. Langkah ini cukup efektif untuk menurunkan tingkat pengangguran. Alhasil, SDM di negara berkembang dapat lebih berdaya saing.

3. Menggalakkan Kegiatan Ekonomi Informal

Menggalakkan kegiatan ekonomi informal bisa direalisasikan dengan mengembangkan industri rumah tangga di berbagai daerah. Hal ini akan mendorong terserapnya banyak tenaga kerja.

Namun, perlu diingat bahwa upaya pengembangan sektor ekonomi membutuhkan sinergi dari berbagai pihak, terutama pemerintah daerah.

4. Mendirikan Pusat Pelatihan Kerja

Pusat-pusat pelatihan kerja perlu didirikan untuk mendorong pertumbuhan lapangan kerja. Tenaga kerja yang terampil tentu dapat mengisi formasi yang tersedia.

SDM yang mendapatkan posisi pekerjaan tersebut telah dibekali dengan pengalaman dan sertifikasi yang mumpuni, sehingga cukup kompeten untuk menempati posisi di bidang tertentu.

5. Mengadakan Bursa Pasar Kerja

Bursa kerja adalah sosialisasi tentang informasi lowongan kerja kepada masyarakat luas. Informasi ini disalurkan secara langsung oleh perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Tujuannya yaitu agar terciptanya komunikasi antara perusahaan dengan pencari kerja secara langsung.

Baca juga: Dampak Negatif dari Pengangguran terhadap Kestabilan Sosial Ekonomi dan Politik

Itulah jawaban dari pertanyaan deskripsikan dengan singkat beberapa kebijakan yang pada umumnya dilakukan oleh negara berkembang dalam mengurangi pengangguran. Dengan begitu, pengangguran bisa diminimalkan dan masyarakat lebih sejahtera. (DLA)


Comments