5 Rekomendasi Tempat Lari di Jakarta yang Instagramable dan Asri

10 days ago

Ilustrasi Lari Foto: 4 PM production/Shutterstock

Menghabiskan waktu di akhir pekan untuk lari bisa menjadi cara yang efektif untuk menghilangkan penat setelah seharian bekerja. Aktivitas ini juga bisa dipilih sebagai opsi untuk sekadar refreshing atau menyalurkan hobi.

Masalahnya, beberapa orang kerap kesulitan mencari tempat lari yang nyaman. Tak jarang tempat lari justru dipadati oleh kendaraan, polusi, dan suasananya cenderung gersang.

Untuk mengatasi permasalahn tersebut, Pemprov DKI Jakarta sejatinya telah menyediakan area khusus untuk olahraga yang bebas dari lalu lintas kendaraan. Area tersebut terletak di Sudirman, Jakarta Pusat yang dikenal dengan sebutan area CFD (Car Free Day).

Selain CFD, ada tempat lain di Jakarta yang juga bisa menjadi opsi menarik untuk spot lari atau jogging. Apa saja? Anggota teman kumparan akan memberikan rekomendasinya untuk Anda lewat artikel berikut ini.

Rekomendasi Tempat Lari di Jakarta

Ilustrasi Lari Foto: muse studio/Shutterstock

Sebenarnya ada banyak pilihan tempat lari di Jakarta yang menarik. Beberapa di antaranya juga memiliki suasana yang asri, jauh dari keramaian, dan minim polusi. Nah, berikut rekomendasinya dari member teman kumparan Running Club:

1. Kampus UI

Ilustrasi kampus UI. Foto: Universitas Indonesia

Kampus yang terletak di perbatasan Depok dan Jakarta ini menjadi salah satu pilihan favorit bagi warga ibu kota. Di kawasan ini, banyak pohon-pohon yang masih rindang dan asri yang membuat suasana lebih nyaman dan sejuk.

Kawasan Universitas Indonesia juga cukup luas. Pada hari Minggu, UI menerapkan kebijakan Car Free Day (CFD) sehingga jalanan yang dilalui pelari bebas dari kendaraan bermotor.

Yasdar, member teman kumparan Running Club, mengatakan bahwa Kampus UI menjadi pilihan favoritnya ketika lari. “Kalau favorit banget di UI sih. Banyak pepohonan dan pastinya minim polusi,” katanya kepada kumparan.

2. Ragunan

Suasana pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (13/4/2024). Foto: Fadhil Pramudya/kumparan

Jika ingin merasakan pengalaman yang berbeda, Anda bisa mencoba lari di Ragunan. Di sini, Anda tidak hanya bisa berolahraga, tetapi juga melihat koleksi satwa yang lucu dan menggemaskan. Rute larinya mudah dan jalanannya pun bebas dari polusi.

3. Taman Mataram

Ilustrasi taman mataram. Foto: Taman mataram

Taman Mataram menawarkan nuansa yang indah dan asri untuk pelari. Di kawasan ini, Anda juga bisa sambil melihat ragam tanaman seperti bunga merah, alamanda bunga kuning, tabebuya bunga koning, mandevilla dan lain-lain.

Menurut Fahrizal, member teman kumparan Running Club, Taman Mataram ideal dijadikan tempat lari karena memiliki jalan yang besar, trek yang mulus, dan nuansa yang asri.

4. Tebet Eco Park

View post on Instagram
 

Taman seluas 7,3 hektare ini memang didesain sebagai ruang terbuka hijau yang diperuntukkan bagi masyarakat Jakarta. Di taman ini, runner bisa berlari di rute khusus yang sudah disediakan.

Selain itu, Anda juga bisa mengeksplor banyak spot menarik untuk bermain, piknik, dan berfoto. Widi, Captain teman kumparan Running Club, menyampaikan pendapatnya soal Tebet Eco Park ini.

Ia mengatakan, “Tebet Eco Park bagus karena banyak pohon rindang, sudah ada jalur jogging, trus estetik bisa foto-foto.”

5. Ancol dan PIK

View post on Instagram
 

Di Ancol dan PIK, Anda bisa berlari sambil berekreasi di pantai. Selain itu, pelari juga bisa menikmati udara pagi yang segar.

Rute lari yang disediakan kedua kawasan tersebut cukup mudah dan luas. Karena pemandangannya indah dan estetik, Anda pun bisa mengabadikan aktivitas Anda saat berlari.


Comments