6 Cara Mendapatkan Surat Rekomendasi Beasiswa dari Awal hingga Akhir

18 days ago

Ilustrasi Cara Mendapatkan Surat Rekomendasi Beasiswa. Sumber: Unsplash/Álvaro Serrano

Surat rekomendasi merupakan dokumen yang sering kali diperlukan oleh pendaftar beasiswa. Cara mendapatkan surat rekomendasi beasiswa mencakup enam tahap yang diawali dengan proses riset tentang format surat.

Riset tentang format surat adalah kegiatan penting yang membantu pendaftar beasiswa memahami bentuk surat serta menyampaikan maksud kepada pemberi rekomendasi. Selain riset format surat, pendaftar beasiswa juga perlu memilih pemberi rekomendasi.

6 Cara Mendapatkan Surat Rekomendasi Beasiswa

Ilustrasi Cara Mendapatkan Surat Rekomendasi Beasiswa. Sumber: Unsplash/Scott Graham

Surat rekomendasi merupakan berkas yang penting. Dikutip dari buku Kiat-Kiat Berburu dan Tembus Beasiswa Pendidikan di Luar Negeri, Alberta (2016: 142), surat rekomendasi adalah syarat yang selalu diminta untuk melanjutkan kuliah ke jenjang Master atau Doktor.

Pendaftar beasiswa tidak dapat membuat surat tersebut, melainkan harus menghubungi pemberi rekomendasi. Berikut adalah detail cara mendapatkan surat rekomendasi beasiswa.

1. Riset tentang Format Surat

Riset tentang format surat merupakan hal penting untuk membantu pendaftar beasiswa memiliki pemahaman yang lengkap. Pemahaman itu membantu pendaftar untuk memberi penjelasan ketika pemberi surat memintanya.

2. Cek Jadwal Pengumpulan Berkas

Cek jadwal pengumpulan berkas juga sangat penting. Pengecekan tersebut memiliki manfaat untuk mengatur agenda meminta surat. Pendaftar beasiswa sebaiknya tidak meminta surat secara mendadak guna mencegah kesalahpahaman dengan pemberi surat.

3. Pilih Pemberi Rekomendasi

Setelah mengecek jadwal pengumpulan berkas, pendaftar beasiswa juga perlu memilih pemberi surat rekomendasi. Pendaftar beasiswa dapat meminta surat rekomendasi kepada dosen atau akademisi yang sudah kenal dan mengetahui prestasi pendaftar.

Contohnya adalah dosen yang pernah mendampingi penelitian. Ketika meminta surat rekomendasi, pendaftar harus mengutamakan kesopanan.

4. Beri Informasi yang Cukup

Ketika meminta surat rekomendasi kepada pemberi rekomendasi, beri informasi yang cukup. Beberapa informasi penting adalah tentang nama lengkap, manfaat yang diharapkan pemohon, hubungan antara pemberi surat dengan pemohon, serta tujuan pembuatan surat.

5. Minta dengan Sopan

Cara kelima adalah meminta dengan sopan. Pendaftar beasiswa harus mengedepankan kesopanan saat meminta surat rekomendasi. Beberapa aspek kesopanan, yaitu:

  • Menghubungi saat jam kerja;
  • Memberi penjelasan lengkap;
  • Menggunakan bahasa yang santun; serta
  • Tidak memaksa atau memburu-buru.

6. Ucapkan Terima Kasih

Cara keenam adalah mengucapkan terima kasih kepada pemberi surat rekomendasi. Cara keenam termasuk unsur kesopanan dan upaya untuk menjaga hubungan baik antara pemberi surat dengan pendaftar beasiswa.

Baca juga: LoA: Pengertian dan Cara Mendapatkannya untuk Mendaftar Beasiswa LPDP

Jadi, cara mendapatkan surat rekomendasi beasiswa umumnya mencakup enam tahap. Tahapan tersebut adalah riset tentang format surat, cek jadwal, pilih pemberi rekomendasi, beri informasi yang cukup, minta dengan sopan, dan berterima kasih. (AA)


Comments