Manfaat Memasak dengan Minyak Kelapa, yang Hobi Masak Wajib Tahu!

21 May

Ilustrasi minyak kelapa. Foto: Xan/Shutterstock

Ragam jenis minyak untuk memasak memang kerap membuat kita bingung, pilihan mana yang terbaik untuk hidangan yang sedang kita buat. Namun, dari sekian banyak jenis minyak, mungkin minyak kelapa bisa menjadi pilihan bahan masakan sehat.

Seperti yang kita ketahui bahwa minyak kelapa memiliki banyak manfaat kesehatan. Tidak hanya itu, minyak kelapa juga bisa membuat hidangan yang sedang kita masak menjadi lebih nikmat dan gurih.

Selain itu, apa lagi, ya manfaat dari menggunakan minyak kelapa sebagai bahan masakan? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Manfaat minyak kelapa bagi kesehatan

Ilustrasi minyak kelapa. Foto: Africa Studio/Shutterstock

Mengutip rilis Barco, Jumat (19/5), minyak kelapa yang 100 persen alami memiliki manfaat kesehatan yang kaya. Mulai dari memperkuat imunitas karena kandungan asam laurat yang bisa membentuk zat monolaurin; pembunuh patogen berbahaya seperti virus, bakteri, dan jamur.

Minyak kelapa juga pilihan minyak yang bebas kolesterol. Serta, kandungan medium chain triglycerides (MCT) dalam minyak ini lebih cepat diproses menjadi energi dan keton, yang merupakan nutrisi baik untuk fungsi otak.

2. Lebih hemat dan jernih

Manfaat minyak kelapa. Foto: New Africa/Shutterstock

Tidak hanya baik bagi kesehatan, minyak kelapa juga ramah di kantong. Ini karena, minyak kelapa tidak mudah terserap dalam makanan serta lebih tahan lama. Dengan begitu, kamu bisa lebih irit dalam menggunakan minyak ini.

3. Tidak mudah rusak

Ilustrasi minyak kelapa untuk menggoreng. Foto: Shutterstock

Ketahanan minyak kelapa pada suhu tinggi lebih stabil daripada jenis minyak goreng lainnya. Sifat ini membuat minyak kelapa lebih aman untuk menggoreng, memanggang, dan memasak dalam waktu lama.

4. Minyak serbaguna

Manfaat minyak kelapa untuk perawatan kulit. Foto: Africa Studio/Shutterstock

Minyak kelapa memang memiliki aroma dan rasa yang dapat membuat suatu masakan lebih terasa gurih, harum, dan renyah. Tapi, minyak kelapa asli enggak hanya digunakan untuk memasak, lho.

Kamu juga bisa memanfaatkan minyak kelapa asli sebagai campuran pembuatan kue, minuman, menumis, hingga perawatan kulit.


Comments