Penjelasan Antonim Pisah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

15 Mar 2023

Ilustrasi Antonim Pisah. (Foto: AkirEVarga by https://pixabay.com/id/)

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata pisah memiliki arti cerai, berpisah, atau bercerai. Faktanya kata pisah memiliki antonim atau kata dengan arti yang berlawanan. Apa antonim pisah?

Antonim adalah suatu kata yang artinya berlawanan satu sama lain. Penggunaan antonim bermanfaat dalam mengembangkan kemampuan berbahasa kita dengan lebih baik. Nah, artikel kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai antonim dalam bahasa Indonesia.

Baca juga: Pengertian dan Antonim Loyalitas dalam Bahasa Indonesia

Apa Antonim Pisah dalam KBBI?

Ilustrasi Antonim Pisah. (Foto: PublicDomainPictures by https://pixabay.com/id/)

Apa yang dimaksud dengan antonim? Dikutip dari buku Kamus Pintar Sinonim Antonim dan EYD Indonesia yang ditulis oleh Aisyah Atikah Deasy (2015: 6), antonim merupakan sebuah konsep yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk membantu siswa mengerti kata yang saling berlawanan. Adapun pengetahuan mengenai antonim dapat membantu peserta didik dalam percakapan atau menulis.

Sebelumnya artikel ini telah membahas mengenai arti pisah, yaitu cerai, berpisah, atau bercerai. Berikut adalah contoh penggunaan kata pisah agar kamu lebih paham:

  1. Sebagai saudara seperguruan yang karib, saya tidak dapat pisah dengan kawan-kawan yang lain.
  2. Saya tidak dapat pisah dari dia.
  3. Suami istri itu telah pisah ranjang sejak tahun lalu.

Kata pisah memiliki antonim, yaitu kata dengan arti berlawanan. Menurut tesaurus bahasa Indonesia, antonim pisah adalah temu, jumpa, sua, rangkai, anyam, berkas, gandengan, gugus, jalin, karangan, kelompok, kepang, susun, untai, sambung, berlanjut, dan bersatu. Kata temu memiliki arti sua atau jumpa. Misalnya, upacara temu kedua mempelai telah berlangsung dengan selamat.

Contoh lainnya adalah bersatu yang memiliki arti berkumpul atau bergabung menjadi satu. Misalnya, bangsa-bangsa Asia Tenggara bersatu dalam ASEAN atau bersatu kita teguh bercerai kita runtuh.

Penggunaan antonim sangat berguna dalam menulis maupun komunikasi. Pastinya kata yang dipakai tidak itu-itu saja. Selain itu, penggunaan antonim dapat membantu kita menempatkan atau menggunakan bahasa yang baik.

Demikian penjelasan mengenai antonim pisah dalam bahasa Indonesia, apakah kamu sudah mengerti sekarang? Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan kamu! (CHL)


Comments