Persamaan dan Lawan Kata Fragmen Sesuai KBBI

14 May

Ilustrasi lawan kata fragmen, sumber foto: Nothing Ahead/Pexels.com

Persamaan kata dan lawan kata atau biasa dikenal sinonim dan antonim adalah materi pelajaran bahasa Indonesia. Jika belajar materi ini maka perbendaharaan kata akan meningkat, misalnya adalah persamaan dan lawan kata fragmen.

Selain meningkatkan perbendaharaan kata, ternyata belajar sinonim dan antonim juga dapat menjadikan seseorang lebih mudah menyampaikan informasi dengan variatif.

Persamaan dan Lawan Kata Fragmen

Ilustrasi lawan kata fragmen, sumber foto: Kassandre Pedro/Pexels.com

Jika berbicara mengenai materi persamaan dan lawan kata dalam bahasa Indonesia, maka tidak bisa dilepaskan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI. Karena untuk mencari persamaan dan lawan kata harus tahu arti dari kata tersebut lebih dulu.

Dikutip dari buku Kamus Pintar Sinonim Antonim dan EYD Indonesia karya Aisyah Atikah Deasy dan Ganessa Putri, (2015) dijelaskan bahwa sinonim adalah kata yang memiliki bentuk yang berbeda namun memiliki arti atau pengertian yang sama. Sementara antonim adalah kata yang artinya berlawanan satu sama lain.

Seperti disinggung di awal jika ingin mengetahui persamaan dan lawan kata fragmen, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari arti kata fragmen dalam KBBI.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia Online (https://kbbi.kemdikbud.go.id/) kata fragmen memiliki arti cuplikan atau petikan (sebuah cerita, lakon dan sebagainya). Kata fragmen juga dapat diartikan sebagai bagian atau pecahan sesuatu.

Dari arti kata fragmen tersebut maka dapat disimpulkan bahwa persamaan kata atau sinonimnya adalah adegan, babak, bagian, cuplikan, episode, kutipan, nukilan dan pecahan. Sementara itu antonim atau lawan kata fragmen adalah seluruh, keseluruhan, totalitas, semua dan total.

Persamaan dan Lawan Kata Lainnya dalam Bahasa Indonesia

Ilustrasi Lawan Kata Fragmen, Foto Unsplash Gulfer Ergin

Setelah mengetahui persamaan dan lawan kata fragmen, dalam menyampaikan informasi bisa menggunakan kata selain fragmen atau bahkan menggunakan kata yang merupakan antonimnya.

Sebenarnya dalam keseharian ada banyak sekali contoh persamaan dan lawan kata, misalnya adalah sebagai berikut.

  1. Abrasi persamaan katanya adalah pengikisan
  2. Ahli persamaan katanya adalah pakar
  3. Akurat persamaan katanya adalah saksama
  4. Bahari persamaan katanya adalah laut
  5. Bergaul persamaan katanya adalah berteman
  6. Abadi lawan katanya adalah fana
  7. Akurat lawan katanya adalah meleset
  8. Amatir lawan katanya adalah ahli
  9. Apatis lawan katanya adalah aktif
  10. Boros lawan katanya adalah hemat.

Baca juga: Persamaan dan Lawan Kata Sinergi Sesuai KBBI

Demikian adalah pembahasan mengenai persamaan dan lawan kata fragmen sesuai dengan KBBI untuk menambah perbendaharaan kata. (WWN)


Comments