Ustaz Derry Sulaiman Sebut Virgoun Sempat Minta Inara Rusli Lepas Cadar

19 May

Inara Rusli laporkan Virgoun dan Tenri Anisa terkait perzinaan, Fatmawati, Jakarta Selatan, Rabu (10/5). Foto: Giovanni/kumparan

Keputusan mengejutkan diambil oleh istri dari penyanyi Virgoun, Inara Rusli. Inara memutuskan untuk membuka cadar atau niqab yang ia telah kenakan beberapa tahun belakangan.

Inara memutuskan untuk melepas cadar karena permintaan Virgoun. Hal itu diungkap oleh sahabat Virgoun dan Inara, Ustaz Derry Sulaiman.

"Inara memakai niqab itu ada hubungannya dengan saya dan istri. Dulu Virgoun datang kepada saya, curhat kalau istrinya digodain orang karena terlalu cantik. Karena terlalu cantik, maka aku bilang dipakai niqab aja," kata Ustaz Derry dalam konferensi pers di Senopati, Jakarta Selatan, belum lama ini.

"Akhirnya disuruh dan dipakai beberapa tahun lalu, kemudian setelah terjadi persoalan ini, Inara menghubungi saya dan bilang kalau Virgoun menyuruh dia untuk membuka cadar," sambungnya.

Virgoun dan Inara. Foto: Munady

Ustaz Derry Sulaiman Sempat Tidak Percaya Virgoun Minta Inara Rusli Lepas Cadar

Awalnya, Ustaz Derry mengaku tak percaya akan keputusan Virgoun tersebut. Apalagi, kata dia, Virgoun merupakan orang pertama yang meminta Inara untuk mengenakan cadar.

"Aku awalnya enggak percaya, masa sih? Kan dia yang nyuruh, sekarang kok disuruh buka? Aduh, ini kayaknya lagi ada masalah rumah tangga. Aku enggak mau ikut campur dan pergi umrah," tutur Ustaz Derry.

Ustaz Derry Sulaiman di acara aksi solidaritas Ahmad Dhani di kantor DPP Gerindra, Jakarta, Rabu (30/1/2019). Foto: Nugroho Sejati/kumparan

Mendengar keluh kesah Inara, Ustaz Derry mencoba memberikan penjelasan kepadanya. Termasuk soal hukum penggunaan dari cadar itu sendiri

"Aku pengin Ina seperti biasa-biasa aja, biar keluarga bisa melihat kecantikan dia. Aku kasih tahu Ina, cadar itu tidak wajib. Kalau suamimu menginginkan buka cadar, silakan buka," ungkap Ustaz Derry.

"Cuma saat itu Ina nggak mau buka. Pakai cadar karena Allah bukan karena suami Akhirnya masalah percekcokan soal cadar juga ada," lanjutnya.

Inara Rusli laporkan Virgoun dan Tenri Anisa terkait perzinaan, Fatmawati, Jakarta Selatan, Rabu (10/5). Foto: Giovanni/kumparan

Hingga pada akhirnya, menurut Ustaz Derry, gugatan permohonan cerai Virgoun kembali menguatkan keinginan Inara untuk membuka cadarnya. Keputusan itu, kata Ustaz Derry, diambil Inara demi ia bisa bekerja dan menghidupi ketiga anaknya.

"Kemudian setelah masuk gugatan, cerai dari Virgoun, Ina ke rumah dan curhat, nangis pelukan sama istriku. Dia bilang ada keperluan hidup, aku harus bekerja terus tanya, 'ustaz boleh enggak aku buka cadar?' saya bilang cadar itu tidak wajib, sunah," kata Ustaz Derry.

Karena itu, Ustaz Derry meminta kepada publik untuk tidak mengkritik keputusan Inara tersebut. Terlebih menurutnya pada dasarnya hukum penggunaan cadar dalam Islam sendiri adalah sunah.

"Tolong nanti netizen yang melihat Ina suatu hari membuka niqabnya, jangan di-bully. Karena itu bukan sebuah kemaksiatan. Itu hukumnya boleh-boleh saja. Saya bilang, silakan, itu istikharah," pungkasnya.


Comments