Akankah PKS yang Pertama Usung Anies di Pilkada Jakarta?

5 days ago

Capres 01 Anies Baswedan berkunjung ke Kantor DPP PKS, Kamis (22/2/2024). Foto: Dok. Istimewa

Langkah politik Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024 masih ditunggu. Salah satu partai yang dinilai potensial mengusung Anies adalah PKS.

Lalu, akankah PKS jadi yang pertama usung Anies di Pilkada Jakarta?

"Masih sangat awal, kan pendaftarannya juga 27-29 Agustus," kata Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera, saat ditanya wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (15/5).

PKS memang punya sejarah panjang dengan Anies. Pada Pilgub Jakarta 2017, PKS bersama Gerindra mengusung Anies sebagai cagub. Lalu, pada Pilpres 2024, PKS jadi bagian Koalisi Perubahan mengusung Anies jadi capres.

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menghadiri acara Konsolidasi Saksi dan Apel Pemenangan AMIN dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DKI Jakarta di Lapangan Utama Buperta Cibubur, Sabtu (23/12). Foto: Dok. Istimewa

Perjalanan panjang itu, bagi Mardani, tentu bisa memperlancar komunikasi politik ke depan. Dia yakin, Anies juga akan berkomunikasi lebih dalam lagi dengan PKS.

"Kita tentu menghargai kalau Mas Anies sudah buat keputusan dan mungkin akan ada pertemuan dengan PKS," tutur dia.

Politikus PKS sekaligus anggota Komisi II DPR, Mardani Ali Sera di depan kantor KPU RI, Senin (8/5/2023). Foto: Luthfi Humam/kumparan

Di sisi lain, PKS juga terus menjalin hubungan dengan partai lain yang siap bertarung bersama di Pilkada Jakarta. Namun untuk saat ini PKS masih mengutamakan kader sendiri.

"Sampai ada keputusan resmi PKS tentu mengutamakan kadernya sendiri," ujar Mardani.

"Nah, nanti kan, lagi-lagi pendaftaran itu 27 sampai 29 Agustus, sekarang masih pertengahan Mei. Masih dua setengah bulan, jadi masih sangat dinamis," lanjut anggota DPR ini.


Comments