Apa Manfaat dari Melakukan Gerak Meluncur dalam Olahraga Renang?

18 days ago

Ilustrasi untuk apa manfaat dari melakukan gerak meluncur? Sumber: pexels.com/Jim De Ramos

Apa manfaat dari melakukan gerak meluncur dalam olahraga renang? Manfaatnya adalah untuk melatih ketangkasan dalam berenang. Selain itu masih ada manfaat lainnya y ang membuat gerak ini menjadi gerakan dasar yang harus dikuasai oleh perenang.

Berenang sendiri adalah olahraga yang sangat menyenangkan. Meskipun demikian ada berbagai teknik dan gerakan yang harus dikuasai perenang. Salah satunya adalah gerakan meluncur.

Apa Manfaat dari Melakukan Gerak Meluncur?

Ilustrasi untuk apa manfaat dari melakukan gerakan meluncur? Sumber: pexels.com/Jim De Ramos

Apa manfaat dari melakukan gerakan meluncur? Manfaatnya adalah untuk melatih ketangkasan dalam berenang. Selain itu, gerakan meluncur wajib dikuasai agar perenang dapat mempelajari gerakan seluruh gaya renang dengan baik.

Menurut buku Teknik Renang Tingkat Pemula: Gaya Bebas dan Gaya Dada oleh Fahreza Okta Setyawan, dkk (2022: 24), mempelajari gerakan meluncur adalah hal yang paling mendasar dalam olahraga akuatik. Setiap gaya dalam olahraga renang pada prinsipnya akan diawali dengan proses meluncur terlebih dahulu.

Dalam Buku Ajar Renang oleh Fahreza Okta Setyawan, dkk (2022: 28) juga dijelaskan bahwa gerakan meluncur adalah salah satu teknik dasar dalam berenang. Gerakan ini berfungsi untuk menyeimbangkan koordinasi tubuh saat berenang.

Sangat penting bagi para pemula yang baru memulai belajar berenang untuk menguasai teknik gerakan ini. Jika gerakan meluncur dikuasai dengan baik, maka keseimbangan dalam tubuh juga akan terlatih.

Cara Melatih Gerakan Meluncur

Apa Manfaat dari Melakukan Gerak Meluncur. Foto Hanya Ilustrasi, Bukan Tempat Sebenarnya. Sumber Unsplash Thomas Park

Gerakan meluncur dapat dilatih dengan menggunakan alat bantu, dapat juga dilakukan tanpa menggunakan alat bantu. Alat bantu berlatih meluncur di antaranya adalah papan meluncur dan pelampung.

Cara melatih gerakan meluncur adalah seperti berikut.

  1. Berdiri pada tepian kolam dengan menempel pada dinding kolam.
  2. Angkat salah satu kaki yang memiliki kekuatan paling besar dan tempelkan pada dinding kolam sebagai pendorong saat melakukan gerakan meluncur.
  3. Satukan kedua telapak tangan sehingga berbentuk seperti busur.
  4. Angkat kedua lengan dan sejajarkan dengan daun telinga. Bungkukkan badan ke depan sejajar dengan permukaan air.
  5. Dorong tubuh dengan kaki yang menempel di dinding kolam sekuat mungkin dan pertahankan posisi tubuh supaya tidak miring dan jatuh ke kolam.
  6. Ulangi keseluruhan gerakan tersebut sampai dirasa sudah benar.

Baca juga: Macam-Macam Gaya Renang dan Cara Melakukannya

Jawaban untuk apa manfaat dari melakukan gerakan meluncur adalah untuk melatih ketangkasan, kecepatan, serta dapat memiliki keseimbangan tubuh yang baik dalam olahraga renang. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang teknik dalam berenang.(IND)


Comments