Apple Mau Boyong AI ChatGPT ke iOS 18, Bakal Hadir Bulan Depan?

6 days ago

Ilustrasi ChatGPT. Foto: Iryna Imago/Shutterstock

Apple dikabarkan telah mencapai kesepakatan dengan OpenAI untuk menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) pada iPhone. Nantinya, perangkat iPhone akan dapat mengadopsi fitur ChatGPT milik OpenAI.

Apple akan jadi perusahaan kedua menyusul Samsung. Pabrikan asal Korea Selatan itu sudah pertama kali mengadopsi AI untuk fitur circle to search hingga Instant Slow-Mo di devicenya.

Dilansir Fortune, Apple dan OpenAI telah menyelesaikan persyaratan perjanjian untuk menggunakan fitur ChatGPT di iOS 18, menurut sumber yang tak ingin disebut namanya. Jika tak ada halangan, pengumuman soal penggunaan AI di perangkat iPhone bakal diumumkan bulan depan.

View post on Twitter

Apple juga sebelumnya telah berdiskusi dengan Google, terkait pemberian lisensi chatbot Gemini. Beda dengan OpenAI, diskusi dengan Google belum menghasilkan kesepakatan apa pun, dan dikabarkan masih terus berlanjut.

Sejak Juni tahun lalu, Apple memang berencana membuat gebrakan di dunia kecerdasan buatan tepatnya di agenda Apple Worldwide Developer Conference (WWDC). Untuk mewujudkan ambisi ini, perusahaan akan menjalankan beberapa fitur AI yang akan hadir melalui pusat data dengan chip produksi mereka sendiri menurut laporan Bloomberg.

Tahun lalu, CEO Apple Tim Cook juga secara pribadi mengaku menggunakan ChatGPT. Apple diklaim akan memiliki keunggulan dalam memanfaatkan AI untuk perangkatnya.

“Kami percaya pada kekuatan transformatif dan janji (terhadap) AI. Kami yakin kami memiliki keunggulan yang akan membedakan kami di era baru ini, termasuk kombinasi unik Apple dalam integrasi perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan yang mulus,” kata Cook dalam sesi laporan pendapatan, minggu lalu.


Comments