Doa Setelah Sholat Hajat: Arab, latin, dan Artinya

20 days ago

Ilustrasi Doa Setelah Sholat Hajat, sumber: unsplash/MostofaMeraji

Usai melaksanakan salat hajat, jangan terburu-buru bangun karena ada amalan lain yang perlu dilakukan. Amalan tersebut tidak lain adalah membaca doa setelah sholat hajat.

Meskipun hukumnya sunah atau tidak wajib, namun ada banyak keutamaan mengamalkan doa ini. Jika tidak hafal, setiap muslim dapat membacanya dari teks agar lebih lancar saat melafalkannya.

Doa Setelah Sholat Hajat

Ilustrasi Doa Setelah Sholat Hajat, sumber: unsplash/HasanAlmasi

Mengutip buku Sederas Hujan Seterang Purnama oleh Dian Nafi (2020), sholat hajat merupakan salat sunah yang bisa dikerjakan umat Islam yang mempunyai keinginan-keinginan tertentu. Adapun bacaan doa setelah sholat hajat yang bisa diamalkan yakni sebagai berikut:

1. Membaca Istighfar

Pertama, baca kalimat istighfar sebanyak 100 kali.

اسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيمَ

Astaghfirullaahal 'azhiim.

Artinya: "Aku memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung."

Jika ingin membaca istighfar yang lebih lengkap, maka bisa menggunakan bacaan berikut:

اسْتَغْفِرُ اللَّهَ رَبِّي مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ وَاتُوبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullaha rabbii min kulli dzanbin waatuubuilaihi.

Artinya: "Aku memohon ampunan kepada Allah, Tuhanku, dari dosa-dosa dan aku bertaubat kepada-Mu."

2. Sholawat 100 Kali

Doa berikutnya yang perlu dibaca adalah sholawat sebanyak 100 kali. Adapun bacaannya yakni sebagai berikut’

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةَ الرِّضَا وَارْضَ عَنْ أَصْحَابِهِ رِضَا الرِّضَا

Allahumma shalli 'ala sayyidina muhammadin shalaat ar ridha wardha 'an ashaabihir ridha ridha.

Artinya: "Ya Allah, berilah karunia kesejahteraan atas junjungan kami Nabi Muhammad, kesejahteraan yang diridhai dan ridhailah para sahabat sekalian.”

3. Doa sesudah Sholat Hajat

Selanjutnya, baca doa sesudah sholat hajat dengan lengkap:

لا إِلَهَ إِلَّا اللهُ الحَكِيمُ الْكَرِيمُ . سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ الْعَرْشِاالْعَظِيمِ . الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ أَسْأَلُكَ مُوجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالغَنِيمَةَ مِنْ كُلِّ بِرِّ وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمِ لَا تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ وَلَا هَمَّا إِلَّا فَرَجَتَهُ وَلَا حَاجَةً إِلَّاهِيَ لَكَ رِضًا إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَالرَّاحِمِينَ .

Laa ilaaha illall aahul hakiimul karii-mu. Subhanallahi rabbil 'arsyil 'adhiim. Alhamdulillahi rabbil 'alamiin as-aluka muujibaatii rahmatika wa'azaai-ma maghfiratika wal-ghaniimata min kulli birri wassalaamata min kulli ismin laa tada' lii dzanban illa gha-fartahu walaa hamman illa farrajtahu walaa haajatan illa hiya laka ridhan illa qadhaitahaa yaa arhamar raahimiin.

Artinya: "Tiada tuhan selain Allah Yang Mahahalim (bijak-sabar) lagi Mahamulia. Mahasuci Allah Tuhan Arsy yang agung. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Aku memohon kepada-Mu kepastian rahmat-Mu, perolehan dari tiap-tiap kebaikan dan keselamatan dari dosa (Ya Alllah) jangan Engkau biarkan diriku berdosa melainkan Engkau ampuni, tiada ada kesusahan melainkan Engkau bukakan jalan keluar dan tiada sesuatu yang diridhai oleh-Mu melainkan Engkau luluskan ya Allah Yang Maharahim dari semua yang rahim." (Riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majad)

4. Mengucapkan Hajat dan Membaca Doa Menghadapi Kesulitan dalam Hidup

Kemudian, ucapkan permohonan atau hajat apa diinginkan sambil bersujud. Lalu, baca dzikir berikut ini:

لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Lailaha illa Anta subhanaka inni kuntu minadhdhalimin.

Artinya: "Tidak ada Tuhan selain Engkau ya Allah. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim.

Baca juga: Jalani Ramadan dengan Semangat Terus Jadi Baik bersama kumparan

Doa setelah sholat hajat yang disebutkan di atas bisa diamalkan. Dengan begitu, ibadah yang dikerjakan bisa lebih membawa berkah dan hajat-hajat terkabulkan. (DLA)


Comments