Erick Thohir Harap Liga 1 Berbenah: Negara Besar, tapi Liganya Peringkat 28 Asia

4 days ago

Ketua PSSI Erick Thohir. Foto: Aji Nugrahanto/kumparan

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, meminta PT Liga Indonesia Baru (LIB) berbenah membenahi kompetisi sepak bola Indonesia. Erick kecewa Indonesia berada di rangking 28 Asia atau enam di Asia Tenggara.

Menurut Erick, perbaikan harus dilakukan di manajemen dan keuangan Liga. Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu juga berharap Liga 3 dan di bawahnya juga turut mendapatkan perhatian dari PT LIB.

“Kami berharap liga bisa bertransformasi. Tidak mungkin negara sebesar ini liganya peringkat 28 Asia atau enam di Asia Tenggara di bawah Filipina,” tutur Erick dalam sambutannya di Kongres PSSI, Senin (10/6).

“Harus ada terobosan, kami akan mendorong yang namanya Liga 3 selama ini terkatung-katung, kami coba dorong. Perbaikan manajemen, perbaikan keuangan liga, dan perbaikan semua sistem harus dibereskan tahun ini,” tambahnya.

Bali United vs Borneo FC pada leg pertama perebutan tempat ketiga Championship Series Liga 1 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali, Sabtu (25/5/2024). Foto: Instagram/@baliunitedfc

Sebelumnya, Dalam rilis AFC, Liga 1 berada di ranking ke-6 Asia Tenggara dan ke-23 di Asia. Kompetisi Indonesia bahkan berada di bawah Singapura dan Filipina, sementara posisi teratas ditempati Thailand.

Dengan demikian, Indonesia berhak mengirimkan dua wakilnya untuk berlaga di Asia melalui babak kualifikasi AFC Champions League Two dan AFC Challenge League.


Comments