Ibu Rumah Tangga Rentan Merasa Kesepian, Bagaimana Mengatasinya?

19 days ago

Ilustrasi ibu rumah tangga merasa kesepian. Foto: Shutterstock

Setiap harinya, ibu harus bergelut dengan berbagai kegiatan yang cukup menyita waktu dan tenaga. Mulai dari bertanggung jawab terhadap urusan rumah tangga, mengasuh dan membimbing anak saat belajar, hingga ikut andil dalam mengurus keuangan keluarga.

Apalagi bila ibu punya peran ganda sebagai wanita karier. Ia harus tetap menyelesaikan tugas kantor di tengah banyaknya urusan rumah tangga.

Padatnya rutinitas ini ternyata membuat ibu rentan merasa kesepian, lho. Hal ini senada dengan survei dari ChannelMum.com bahwa 90 persen ibu mengaku merasa kesepian, terutama sejak memiliki anak.

Menurut survei tersebut, tiga dari lima ibu berusaha menyembunyikan perasaannya, dan lebih dari sepertiganya bahkan tidak pernah mengungkapkan rasa kesepiannya kepada pasangan.

Masih dari survei yang sama, 80 persen ibu juga mengatakan mereka ingin memiliki lebih banyak “teman ibu”, namun ragu untuk mengambil inisiatif. Anda juga begitu, Moms?

Tenang, merasa kesepian di sela-sela rutinitas harian normal, kok. Namun jangan biarkan hal tersebut berlarut-larut ya, Moms.

Untuk mengatasi perasaan seakan terisolasi saat menjadi ibu, Anda bisa memulainya dengan membangun kembali relasi yang sempat renggang, misalnya menghubungi teman-teman sesama ibu agar bisa saling berbagi cerita dan pengalaman. Atau bergabung ke dalam komunitas atau workshop yang menghadirkan berbagai aktivitas positif.

Seperti “Arisan Sahabat Mama” persembahan Mama Lemon dan kumparan. Program spesial ini digelar untuk para ibu modern agar bisa menghadapi berbagai tantangan sehari-hari, sekaligus membantu ibu agar merasa diterima dan dihargai dalam peran mereka sebagai orang tua. Apa saja keseruannya?

Mama Lemon akan kembali menghadirkan “Arisan Mini Sahabat Mama” pada Kamis 2 Mei 2024, pukul 08:00 WIB, di Gedung Serbaguna Al Haromain, Kelurahan Sadang Serang, Bandung, Jawa Barat. Foto: kumparan

Setelah sukses menggelar program perdananya pada 29 April lalu, Mama Lemon akan kembali menghadirkan “Arisan Mini Sahabat Mama” pada Kamis 2 Mei 2024, pukul 08:00 WIB, di Gedung Serbaguna Al Haromain, Kelurahan Sadang Serang, Bandung, Jawa Barat. Akan ada 100 ibu yang akan diundang untuk program ini, apa Anda salah satunya?

Di Arisan Mini Sahabat Mama, peserta dapat mengikuti Mama Talk bertajuk “Sahabat Sebagai Penyelamat: Mengatasi Tantangan Sehari-hari Mama Masa Kini” bersama expert, yaitu Psikolog Fainna Safitri.

Mama Talk ini masih akan membahas tentang pentingnya sahabat bagi para ibu sebagai support system sekaligus perannya sebagai mitra dalam pengasuhan anak, hingga apa saja jenis dukungan yang dapat diberikan sahabat kepada ibu-ibu dalam mengatasi stres dan tekanan.

Selain Mama Talk, masih banyak program menarik yang bisa diikuti. Mulai dari Kreasi Mama, Cuci Piring Dance bersama instruktur ZIN Feby, Mama Mabar Nikmat, Mama Cupibar, dan Mama Menang Banyak berhadiah emas 1 gram, oven toaster, frypan set, food container set, knife set, dan berbagai hadiah menarik lainnya.

Yuk, nantikan berbagai kejutan menarik di Arisan Sahabat Mama persembahan Mama Lemon dan kumparan. Informasi lebih lanjut, kunjungi dan follow Instagram @kumparancom.

Artikel ini dibuat oleh kumparan Studio


Comments