Jadwal Imsakiyah dan Subuh Bogor 27 Maret 2024 beserta Jadwal Salat Harian

26 Mar

Ilustrasi Jadwal Imsakiyah dan Subuh Bogor 27 Maret 2024. Foto: dok. Unsplash/Collab Media

Jadwal imsakiyah dan subuh Bogor 27 Maret 2024 penting untuk diketahui umat muslim yang berdomisili di area Bogor dan sekitarnya. Hal ini karena informasi terkait jadwal imsak dan jadwal salat dapat membantu umat muslim dalam menunaikan ibadah dengan tepat.

Dengan mengetahui jadwal salat dan imsak, umat muslim dapat memperkirakan kapan harus bersiap untuk sahur, menghentikan makan sahur, hingga mempersiapkan diri untuk menunaikan salat. Dengan begitu, pahala yang diraih akan menjadi lebih maksimal pula.

Informasi Jadwal Imsakiyah dan Subuh Bogor 27 Maret 2024 beserta Jadwal Salatnya

Ilustrasi Jadwal Imsakiyah dan Subuh Bogor 27 Maret 2024. Foto: dok. Unsplash/Firdouss Ross

Mengutip buku berjudul All About Ramadhan: Teman Setia Menikmati Ibadah, Rosidin, (2017:29), waktu imsak adalah jeda waktu selama sepuluh menit sebelum azan subuh. Jeda waktu tersebut digunakan umat muslim untuk menyelesaikan santap sahur dan mengistirahatkan tubuh untuk bersiap melaksanakan salat subuh.

Ketentuan jeda waktu dalam waktu imsak ini ditentukan dalam sebuah hadis yang menyebutkan bahwa jarak waktu antara Nabi selesai makan sahur hingga masuk waktu salat subuh adalah sekitar bacaan 50 ayat Alquran. Berikut ini pembahasan hadisnya:

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ – رضى الله عنه – أَنَّ نَبِىَّ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – وَزَيْدَ بْنَ ثَابِتٍ – رضى الله عنه – تَسَحَّرَا ، فَلَمَّا فَرَغَا مِنْ سَحُورِهِمَا قَامَ نَبِىُّ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – إِلَى الصَّلاَةِ فَصَلَّى . قُلْنَا لأَنَسٍ كَمْ كَانَ بَيْنَ فَرَاغِهِمَا مِنْ سَحُورِهِمَا وَدُخُولِهِمَا فِى الصَّلاَةِ قَالَ كَقَدْرِ مَا يَقْرَأُ الرَّجُلُ خَمْسِينَ آيَةً
Artinya: “Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Zaid bin Tsabit radhiyallahu ‘anhu pernah makan sahur. Ketika keduanya selesai dari makan sahur, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berdiri untuk shalat, lalu beliau mengerjakan shalat. Kami bertanya pada Anas tentang berapa lama antara selesainya makan sahur mereka berdua dan waktu melaksanakan shalat Shubuh. Anas menjawab, ‘Yaitu sekitar seseorang membaca 50 ayat (Alquran).’ (HR. Bukhari no. 1134 dan Muslim no. 1097).

Berdasarkan hadis tersebut kemudian para jumhur ulama menyepakati bahwa jeda waktu imsak ditetapkan selama 10 menit antara selesai makan sahur dengan azan subuh.

Selain membahas waktu imsak, dalam hadis tersebut juga dibahas tentang kebiasaan Nabi saat sahur, yaitu Nabi biasa sahur di waktu mendekati fajar atau azan subuh berkumandang, bukan pada waktu tengah malam atau bahkan awal malam.

Untuk memudahkan umat muslim dalam mengamalkan sahur seperti Nabi tanpa khawatir melebihi waktu sahur, berikut ini adalah jadwal imsakiyah dan subuh Bogor 27 Maret 2024 beserta jadwal salat harian yang jatuh tetap pada tanggal 16 Ramadan 1445 H:

  • Imsak: 04:31
  • Subuh: 04:41
  • Zuhur: 12:01
  • Asar: 15:14
  • Magrib: 18:03
  • Isya': 19:12

Baca juga: Jalani Ramadan dengan Semangat Terus Jadi Baik bersama kumparan

Jadwal imsakiyah dan subuh Bogor 27 Maret 2024 beserta jadwal salat harian yang dibahas dalam artikel ini dapat membantu umat muslim yang berdomisili di Bogor dan sekitarnya untuk sahur dan mendirikan salat. (DAP)


Comments