Kolaborasi Wujudkan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan demi Indonesia Maju

14 days ago

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Foto: Abriawan Abhe/ANTARA FOTO

Tanggung jawab sosial dan lingkungan didorong untuk bisa dijalankan semua pihak, tak hanya dari pemerintah namun juga pihak swasta dan masyarakat, khususnya di kalangan anak muda.

Untuk mendukung upaya itu, Forum Corporate Social Responsibility (CSR) DKI Jakarta sebagai mitra strategis Pemprov DKI Jakarta kembali menggelar ajang penghargaan Padmamitra Award DKI Jakarta 2024.

Ajang ini mengusung tema “Semangat Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan untuk Keberlanjutan dan Indonesia Maju” pada Agustus 2024.

Menurut Ketua Umum Forum CSR DKI Jakarta Aldi Imam Wibowo, Padmamitra Award DKI Jakarta 2024 bertujuan untuk meningkatkan semangat badan usaha dalam menyelenggarakan program CSR.

"Setelah Padmamitra Award sukses diselenggarakan pada 2022 yang lalu dan diikuti oleh lebih dari 155 perusahaan di Indonesia, melihat antusiasme yang tinggi dari badan usaha dalam penyelenggaraan program CSR, tahun ini Padmamitra Award kembali digelar sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap program CSR yang diberikan kepada badan usaha yang telah menyelenggarakan program CSR didalam bidang Kesejahteraan Sosial," jelas Aldi.

Padmamitra Award DKI Jakarta 2024, kata Aldi, memiliki tujuh kategori penghargaan diberbagai bidang seperti pendidikan, pemberdayaan ekonomi, kesehatan, infrastruktur, kesejahteraan sosial, kebudayaan serta lingkungan.

Padmamitra diatur dalam Permensos No. 9 Tahun 2020 yang menerangkan, penghargaan diberikan kepada badan usaha yang telah menyelenggarakan program di bidang kesejahteraan sosial secara inovatif, tepat sasaran, dan berkelanjutan serta mampu memberikan inspirasi dan menebar dampak positif bagi upaya penanggulangan permasalahan sosial di sekitarnya.

Konferensi pers persiapan Padmamitra Award DKI Jakarta 2024, Jumat (31/5/2024). Foto: Dok. Istimewa

Penghargaan nantinya diserahkan langsung Menteri Sosial di tingkat nasional dan gubernur di tingkat daerah setiap dua tahun sekali yang diikuti badan usaha yang telah melalui proses seleksi dan penilaian yang terukur, dengan melibatkan juri-juri profesional dan independen.

Forum CSR DKI Jakarta mengundang seluruh perusahaan untuk berpartisipasi dalam Padmamitra Award DKI Jakarta 2024. Partisipasi ini diharapkan meliputi perusahaan swasta, perusahaan multinasional, BUMN dan BUMD yang memiliki legalitas-formal di wilayah DKI Jakarta untuk mendaftarkan program CSR-nya yang dilakukan berbasis ISO 26000 dan telah dilaksanakan minimal dalam kurun waktu dua tahun terakhir.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari, mengatakan penyelenggaraan Padmamitra Award DKI Jakarta 2024 menunjukkan komitmen dan kontribusi berbagai perusahaan swasta, multinasional, BUMN dan BUMD yang beroperasi di wilayah DKI Jakarta.

"Hal ini merupakan sinergitas para pelaku usaha dan pemerintah sebagai upaya memajukan pembangunan berkelanjutan," jelas Premi Lasari.

Pendaftaran Padmamitra Award DKI Jakarta 2024 dibuka mulai 31 Mei hingga 30 Juni 2024. Tahap penjurian akan berlangsung selama Agustus sampai September dan diakhiri dengan penganugerahan Padmamitra Award DKI Jakarta 2024 pada September di Balai Agung Balaikota Provinsi DKI Jakarta.

Sementara itu, Ketua Panitia Padmamitra Award DKI Jakarta 2024, Rafi Fauzan, menjelaskan Padmamitra Award DKI Jakarta 2024 memiliki empat rangkaian acara.

"Selain perusahaan melakukan pendaftaran program CSR mereka di Padmamitra Award DKI Jakarta 2024, perusahaan juga dapat ikut serta dalam kegiatan talkshow dan CSR Clean Up Day di area Car Free Day pada bulan Juni serta kompetisi mini soccer antar perusahaan pada bulan Juli mendatang," tutup Rafi.


Comments