KPK Akan Periksa Hp Sekjen PDIP Hasto Terkait Harun Masiku

3 days ago

Ilustrasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

KPK akan memeriksa hp milik Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto untuk pendalaman terkait kasus Harun Masiku. Hp tersebut disita dari staf Hasto yang bernama Kusnadi.

“Penyidik akan mendalami dari penyitaan alat komunikasi tersebut, yang tentu keterangan-keterangan di dalamnya dibutuhkan dalam proses pemeriksaan dalam perkara ini,” kata juru bicara KPK Budi Prasetyo kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Selasa (11/6).

Juru bicara KPK, Budi Prasetyo. Foto: Youtube/KPK

Pada kesempatan sama, Budi juga menjelaskan, pemeriksaan dan penyitaan terhadap Hasto yang dilakukan penyidik kemarin, Senin (10/6), bukan hal tiba-tiba. Pemeriksaan itu merupakan rangkaian pemanggilan saksi sebelumnya.

Sebelum Hasto, ada setidaknya 3 saksi yang sudah diperiksa KPK terkait Masiku. Mereka adalah Simon Petrus (pengacara), Hugo Ganda (mahasiswa), dan Melita De Grave (pelajar).

“Kami juga perlu sampaikan, bahwa pemeriksaan saksi [Hasto] hari kemarin adalah bukan sesuatu yang tiba-tiba, karena sebelumnya KPK juga sudah melakukan pemeriksaan, setidaknya terhadap tiga saksi,” jelas Budi.

“Dan pemeriksaan itu tentunya menjadi sebuah siklus yang keberlanjutan, jadi bukan sesuatu yang tiba-tiba. Sehingga kami pastikan bahwa, pemeriksaan tersebut adalah murni proses penegakan hukum,” pungkas dia.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto usai menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih, Jakarta, Senin (10/6/2024). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan

Penyidik KPK kemarin memeriksa Hasto Kristiyanto sebagai saksi kasus suap Harun Masiku. Pada pemeriksaan tersebut disertai penggeledahan hingga penyitaan Hp milik Hasto dari stafnya bernama Kusnadi.

Kendati belakangan, penyitaan tersebut diprotes pihak Hasto. Mereka keberatan karena dianggap tak sesuai prosedur. Hasto kemudian mengadukan penyidik yang bersangkutan ke Dewan Pengawas.


Comments