Makna Hadiah Kalender Hijriah dari Muhammadiyah untuk Grand Syekh Al Azhar

12 days ago

Grand Syekh Al Azhar mendatangi Kantor PP Muhamadiyah. Foto: Thomas Bosco/kumparan

Grand Syekh Al-Azhar Ahmad Al Tayyeb menerima hadiah simbolik Kalender Hijriah Global Tunggal dari PP Muhammadiyah pada kunjungan di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta Pusat, Kamis (11/7).

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasir mengatakan kalender tersebut adalah simbol islam di dunia.

"Jadi pemberian kalender hijriah itu simbol kami untuk bahwa persatuan umat Islam bukan hanya di Indonesia, tapi sedunia itu juga harus ditunjukkan oleh pesan dan pemikiran kami Muhammadiyah adanya kalender hijriah global tunggal," ujar Haedar kepada wartawan.

Petinggi Muhammadiyah itu menjelaskan kalender tersebut merupakan hasil pertemuan negara Islam di Turki pada 2016. Harapannya, umat islam di dunia memiliki kesamaan hari hingga tahun baru.

Ketua Umum PP Muhamadiyah Haedar Nasir saat dijumpai di Kantor PP Muhamadiyah, Menteng, Jakpus, Kamis (11/7). Foto: Thomas Bosco/kumparan

"Termasuk untuk tahun-tahun yang menentukan awal Ramadan, awal Idul Fitri, memulai juga Idul Adha. Karena kan penentuan tanggal-tanggal ibadah itu kan tidak lepas juga dari tanggal-tanggal yang bersifat sehari-hari," tambahnya.

Dia meminta kelapangan hati guna mendapatkan kepastian di zaman sekarang.

"Hilangkan status quo pikiran kita masing-masing. Muhammadiyah hanya berusaha untuk memberi solusi bahwa kalau kalender global tunggal itu diterima dan ini kan sudah jadi keputusan di Turki," jelas Haedar.

"Maka saya pikir kita tidak lagi setiap ada Ramadan, kemudian Syawal dan Idul Adha lalu kita terus memperbincangkan soal perbedaan bahkan kita bisa lebih produktif untuk berpikir tentang masa depan kejayaan masyarakat," tutupnya.


Comments