Mengenal Bunga Matahari, Bunga yang Melambangkan Harapan

19 days ago

Ilustrasi untuk bunga yang melambangkan harapan. Sumber: pexels.com/Pixabay

Bunga yang melambangkan harapan adalah bunga matahari. Bunga ini terkenal dengan bentuk bulat besar bermahkota kuning cerah. Bunga matahari dengan mahkota kuning cerahnya menyimbolkan harapan yang secerah sinar matahari.

Bunga matahari bergerak mengikuti sinar matahari. Jika ditanam di pekarangan atau halaman rumah, bunga ini akan terlihat sangat mencolok sehingga menambah keindahan pekarangan atau halaman rumah.

Serba-serbi Bunga Matahari, Bunga yang Melambangkan Harapan

Ilustrasi untuk bunga yang melambangkan harapan. Sumber: pexels.com/Luciana Sena

Bunga matahari adalah bunga yang melambangkan harapan. Dalam Bahasa Inggris, bunga matahari disebut sunflower. Menurut buku Budi Daya Bunga Matahari oleh Ir. H. Rahmat Rukmana, M.Sc., M.M (2004: 11), nama latin bunga matahari adalah Helianthus annuus.

Heli berarti matahari, anthus berarti bunga, dan annuus artinya semusim atau tidak berusia tahunan. Nama latin bunga matahari memiliki arti 'bunga matahari yang berumur pendek'. Ini karena umur bunga dari mulai tumbuh hingga panen berkisar antara 4-5 bulan.

Bunga matahari dikenal sebagai tanaman hias karena bentuknya yang unik. Selain keunikan bentuknya, ada banyak manfaat dari bunga ini, yaitu sebagai berikut:

1. Dimanfaatkan untuk Minyak Goreng

Bunga matahari menghasilkan biji yang mengandung asam lenak yang jenuh. Penggunaan minyak bunga matahari tidak mengganggu kesehatan manusia.

Minyak bunga matahari dari pemerasan pertama dapat digunakan sebagai minyak goreng, margarine, dan minyak rambut. Minyak dari pemerasan kedua dapat dimanfaatkan sebagai sabun, lilin, dan pengganti minyak tanah untuk penerangan.

2. Makanan Ternak

Batang, bunga, buah, dan ampas dari biji bunga matahari adalah makanan yang sehat bagi ternak sapi perah maupun ayam petelur. Batang, kepala bunga, dan sekam biji bunga matahari dapat dihancurkan lalu dijadikan makanan ternak.

3. Dimanfaatkan sebagai Kuaci

Biji bunga matahari dapat dibuat sebagai camilan kuaci yang rasanya gurih. Biji bunga matahari secara langsung dapat dimanfaatkan untuk makanan burung.

4. Dimanfaatkan untuk Kompos

Batang keseluruhannya dapat dibuat untuk kompos karena merupakan rabuk organik yang memiliki kadar kalium yang tinggi. Selain itu kulit bijinya dapat digunakan untuk membuat ampelas.

Baca juga: Makna Bunga Mawar yang Indah tapi Berduri

Bunga matahari adalah bunga yang melambangkan harapan dan optimisme. Selain melambangkan harapan, bunga ini juga memiliki banyak manfaat bagi kehidupan dan memiliki nilai keindahan karena bentuknya yang unik. (IND)


Comments