Menteri PUPR Bantah Uji Coba Kereta Otonom Juli 2024: Prasarana Belum Siap

14 days ago

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat kunjungan kerja di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara, Senin (6/5/2024). Foto: Fariza Rizky Ananda/kumparan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono membantah rencana Otorita IKN (OIKN) uji coba kereta otonom tanpa rel (autonomous rail transit/ART) dilakukan pada Juli 2024.

Basuki mengatakan, kewenangan proyek moda transportasi canggih tersebut ada di ranah Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, namun pihaknya tetap bertanggung jawab atas prasarananya.

"Enggak (uji coba Juli 2024), karena kereta otonom waktu itu Pak Menhub, tapi kami belum siapkan prasarananya, belum ada final design-nya dari Menhub tentang kereta tanpa rel itu kan," jelasnya saat ditemui di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Senin (6/5).

Meskipun baru semacam ide dan belum mulai konstruksi, Basuki memastikan proyek tersebut memang akan diterapkan di IKN Nusantara. Dia membeberkan, nantinya akan diterapkan berupa sensor di sepanjang Jalan Sumbu Kebangsaan sisi barat dan sisi timur

"Baru jalan biasa yang ada, tapi nanti dengan nambahin beberapa sensor makanya tidak terlalu rumit, (sudah ada tim) yang pada belajar nengok ke sana, nanti tinggal nambahin sensornya di jalan raya biasa, bukan jalan khusus," jelas Basuki.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat kunjungan kerja di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara, Senin (6/5/2024). Foto: Fariza Rizky Ananda/kumparan

Sebelumnya, Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN, Mohammed Ali Berawi mengatakan moda transportasi canggih akan diuji coba di IKN pada Juli 2024, yakni kereta otonom tanpa rel dan taksi terbang.

"Otorita IKN mencanangkan untuk melakukan uji coba di sektor transportasi cerdas meliputi kendaraan otonom (autonomous rail transit) dan advanced air mobility pada Juli 2024," katanya dalam rilis resmi, dikutip Sabtu (4/5).

Ali mengatakan, sebagai ibu kota baru yang dirancang menerapkan konsep kota cerdas, berlandaskan prinsip hijau dan berkelanjutan, pengembangan infrastruktur menjadi sebuah hal yang kritikal. Dia percaya pengembangan infrastruktur ini akan membantu meningkatkan kinerja operasional kota dan kualitas hidup penduduk.

Sebagai upaya OIKN belajar dari negara maju, delegasi Otorita IKN yang dipimpin Mohammed Ali Berawi mengunjungi Port of Long Beach dalam rangkaian kegiatan Smart City Reverse Trade Mission (RTM) di Amerika Serikat, Rabu (1/5) lalu.

Dari pemerintah, juga hadir perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Keuangan, Kementerian PPN/Bappenas, PT Bina Karya, serta Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Los Angeles.

Pada kesempatan ini, delegasi OIKN berdiskusi dengan Port of Long Beach, City of Long Beach, Xtelligent, dan TIG/m tentang pengembangan green port dan sistem transportasi cerdas perkotaan.

Adapun Otorita IKN mengundang Xteliigent dan TIG/m untuk melakukan proof of concept di sektor transportasi cerdas di IKN. Proof of concept adalah strategi OIKN untuk memastikan hasil yang terbaik dalam membangun IKN sebagai kota cerdas.

View post on Instagram
 

Comments