Mudik Naik KA Ekonomi GMBS & KA Majapahit Baru: Kursi Empuk, Leg Room Luas

25 days ago

Kursi ekonomi KA Majapahit. Foto: Instagram/@kai121_

Kabar baik untuk pengguna moda transportasi kereta, khususnya yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran kali ini dengan menggunakan kereta kelas ekonomi. PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan kereta baru lagi yaitu KA Gaya Baru Malam Selatan (GBMS) dan KA Majapahit edisi stainless steel buatan PT INKA (Persero).

KA GMBS sudah lebih dulu meluncur, 14 Maret 2024 dengan rute Jakarta-Surabaya (PP). Sementara KA Majapahit ekonomi stainless steel rilis 25 Maret 2024 dengan rute Malang-Pasarsenen (PP).

Salah satu perubahan yang menonjol dalam modifikasi kereta ini terletak pada kursi. Sebelumnya, kursi KA ekonomi memiliki sandaran tegak 90 derajat, kini diubah menjadi kursi dengan fungsi reclining atau dapat dibaringkan hingga 115 derajat.

Kursi ekonomi KA Majapahit. Foto: Instagram/@kai121_

Selain itu, kapasitas tempat duduk yang semula 80 penumpang, dikurangi menjadi 72 penumpang. Hal ini berdampak pada bertambah luasnya ruangan untuk kaki atau leg room. Terlebih tempat duduk di KA ini tidak lagi berhadapan.

"Replacement kereta ekonomi modifikasi new generation ini, untuk menggantikan kereta-kereta ekonomi komersial antarkota yang masih menggunakan kereta ekonomi dengan jenis kursi tegak berhadapan dan akan terus dilakukan secara bertahap, sebagai bentuk komitmen KAI untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan," tulis KAI di Instagram @kai121_, Minggu (24/3).

View post on Instagram
 

Meskipun kelasnya masih ekonomi, ada beberapa fasilitas lain yang diadopsi dari kereta kelas eksekutif, seperti rak bagasi, dilengkapi dengan digital Public Information Display System (PDIS), juga toilet yang lebih modern.

Selain itu, ada pintu-pintu kini menjadi otomatis, dengan sambungan jenis corrugated bellow. Desain interior juga diperbarui menjadi lebih modern dan sederhana.

Berikut jadwal KA Majapahit:

Rute KA Majapahit. Foto: Instagram/@kai121_
Rute KA Majapahit. Foto: Instagram/@kai121_

Comments