Peduli Lingkungan, Coca-Cola Hadirkan Booth Botol Jadi Botol di Jakarta Fair

13 days ago

Kepala Sub-Direktorat Tata Laksana Produsen Direktorat Pengelolaan Sampah KLHK, Ujang Solihin Sidik turut mendukung booth edukasi daur ulang bertajuk 'Dari Botol Jadi Botol' dari Coca-Cola Indonesia di JIExpo Hall C, Jakarta Fair Kemayoran 2024. Foto: Coca-Cola

Menyambut ulang tahun ke-490 kota Jakarta, Coca-Cola Indonesia membuka gerai edukasi daur ulang bertajuk ‘Dari Botol Jadi Botol’ di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2024.

“Coca-Cola dengan bangga menghadirkan booth ‘Dari Botol Jadi Botol’, di mana pengunjung dapat menikmati keseruan sembari belajar tentang daur ulang, sekaligus dapat mengetahui upaya kami dalam menginspirasi dan mendorong perubahan akan pengumpulan dan pendaurulangan kemasan plastik bekas pakai,” ujar Senior Director of Public Affairs, Communications and Sustainability PT Coca-Cola Indonesia, Triyono Prijosoesilo, dalam keterangannya.

Booth edukasi daur ulang bertajuk 'Dari Botol Jadi Botol' dari Coca-Cola Indonesia yang hadir di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2024. Foto: Coca-Cola

“Pada tahun 2023 lalu, kami meluncurkan botol yang terbuat dari 100% plastik PET daur ulang (rPET), tidak termasuk tutup dan label, yang merupakan pertama kalinya untuk produk minuman kami di Indonesia. Pencapaian kami di Indonesia ini sejalan dengan visi global ‘World Without Waste’ dari Coca-Cola," lanjut Triyono.

Saat ini, satu dari setiap tiga botol yang diedarkan Coca-Cola di Indonesia terbuat dari 100% plastik PET daur ulang atau rPET yang diproduksi secara lokal di fasilitas daur ulang Amandina Bumi Nusantara di Jawa Barat.

Fasilitas canggih yang didirikan atas kemitraan antara Coca-Cola Europacific Partners Indonesia dan Dynapack Asia ini mampu memproses botol PET kosong yang dikumpulkan secara lokal dan mengubahnya menjadi botol produk Coca-Cola baru.

Booth edukasi daur ulang bertajuk 'Dari Botol Jadi Botol' dari Coca-Cola Indonesia yang hadir di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2024. Foto: Coca-Cola

Pabrik daur ulang ini berkolaborasi dengan Mahija Parahita Nusantara, sebuah yayasan sosial nirlaba yang juga didirikan atas kemitraan antara Coca-Cola Europacific Partners Indonesia dan Dynapack Asia. Yayasan Mahija Parahita Nusantara mendukung penciptaan infrastruktur pengumpulan dan menyediakan bahan baku untuk fasilitas Amandina Bumi Nusantara.

“Menyadari pentingnya tantangan permasalahan sampah plastik di Indonesia, kami berupaya untuk terus memanfaatkan jangkauan merek Coca-Cola untuk melibatkan konsumen dalam upaya daur ulang. Booth kami di JFK merupakan salah satu cara kami dalam menunjukkan dampak dari daur ulang kemasan plastik bekas pakai menjadi botol baru,” ujar Triyono.

Gerai Botol Jadi Botol di Jakarta Fair Kemayoran

Untuk meningkatkan kesadaran akan pengumpulan dan pendaurulangan kemasan plastik bekas pakai, Coca-Cola membuka sebuah gerai di Kemayoran, Jakarta, mulai tanggal 12 Juni hingga 15 Juli 2024. Gerai yang meriah dan informatif ini mengadakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mendorong aksi masyarakat dalam pengumpulan kemasan plastik bekas pakai.

Peluncuran Coca-Cola K-Wave di SCBD Park, Rabu (14/5/2024). Foto: Ela Nurlaela/kumparan

Ada apa saja kegiatan menariknya?

• Bottle Collection (Pengumpulan Botol): Bawa satu botol bekas dan dapatkan produk Coca-Cola secara gratis. Caranya semudah itu!

• Recycle Games (Permainan Daur Ulang): Uji pengetahuan daur ulang Anda dengan permainan berbasis Kinect yang seru! Bergeraklah ke kanan dan kiri untuk menempatkan sampah pada tempat yang tepat dan jadilah juara daur ulang.

• VR – Perjalanan ‘Dari Botol Jadi Botol’: Ikuti perjalanan menarik dengan teknologi Virtual Reality tentang bagaimana sebuah botol Coca-Cola bekas pakai dapat didaur ulang menjadi botol baru.

• Photo Corner: Abadikan momen tak terlupakan dan kenangan yang menyenangkan dengan mengambil foto di booth kami yang semarak!

• Spin the Wheel: Bagikan pengalaman unik dan ide cemerlang Anda dengan kami di ‘Reborn Wall’, lalu putar roda hadiah untuk mendapatkan kesempatan memenangkan merchandise Coca-Cola yang menarik. Selesaikan misi Bottle-to-Bottle (‘Dari Botol Jadi Botol’) dan dukung upaya daur ulang kami!

Coca-Cola System di Indonesia (Coca-Cola Indonesia dan Coca-Cola Europacific Partners Indonesia) juga mengadakan sesi Sustainability Talkshow dengan tema "Jaga Indonesia: Membangun Sistem Daur Ulang Berbasis Komunitas untuk Perubahan Sosial yang Positif".

Booth edukasi daur ulang bertajuk 'Dari Botol Jadi Botol' dari Coca-Cola Indonesia yang hadir di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2024. Foto: Coca-Cola

Acara yang diadakan pada Selasa (09/07/2024) ini menghadirkan sejumlah pembicara yaitu Kepala Sub-Direktorat Tata Laksana Produsen Direktorat Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI) Ujang Solihin Sidik, Head of Sustainability ​Coca-Cola Europacific Partners Indonesia Natasha Gabriella, serta Ketua Yayasan Mahija Parahita Nusantara Ardhina Zaiza.

Booth ‘Dari Botol Jadi Botol’ dapat dikunjungi di JIExpo Hall C, Jakarta Fair Kemayoran 2024 selama jam buka: Senin-Jumat pukul 15.30 - 22.00 WIB, dan Sabtu-Minggu pukul 10.00 - 22.00 WIB.


Comments