Pendekatan yang Paling Tepat untuk Mewujudkan Visi Sekolah Impian

9 days ago

Ilustrasi pendekatan yang paling tepat untuk mewujudkan visi sekolah impian dan melakukan perubahan dalam manajemen perubahan yang kolabiratif dan berbasis kekuatan adalah - Sumber: pixabay.com/nhicnttcantho

Pendekatan yang paling tepat untuk mewujudkan visi sekolah impian dan melakukan perubahan dalam manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan adalah inkuiri apresiatif (IA). Setiap sekolah memiliki visi untuk menciptakan lingkungan belajar ideal.

Sekolah pasti menginginkan siswa berkembang dengan optimal dan staf merasa dihargai. Untuk mencapai visi tersebut, pendekatan yang tepat dalam manajemen perubahan sangat penting. Salah satu pendekatan yang paling efektif adalah Inkuiri Apresiatif (IA).

Pendekatan yang Paling Tepat untuk Mewujudkan Visi Sekolah Impian dan Melakukan Perubahan dalam Manajemen Perubahan yang Kolaboratif dan Berbasis Kekuatan adalah IA

Ilustrasi pendekatan yang paling tepat untuk mewujudkan visi sekolah impian dan melakukan perubahan dalam manajemen perubahan yang kolabiratif dan berbasis kekuatan adalah - Sumber: pixabay.com/guvo59

Dalam dunia pendidikan, pendekatan yang paling tepat untuk mewujudkan visi sekolah impian dan melakukan perubahan dalam manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan adalah inkuiri apresiatif (IA).

Inkuiri Apresiatif (IA) adalah pendekatan yang berfokus pada kekuatan dan potensi yang sudah ada dalam suatu organisasi, termasuk sekolah. Dalam konteks pendidikan, IA memandang setiap individu sebagai sumber daya yang berharga dan menghargai kontribusi mereka.

Berdasarkan buku Dasar-dasar Pendidikan, Andi Muhammad Taufik Ali, S.Pi., M.Pd., dkk, (2024), terdapat beberapa poin penting dalam Inkuiri Apresiatif. Beberapa poin penting tersebut adalah:

1. Berbasis Kekuatan

IA mengidentifikasi dan memperkuat kekuatan, bakat, dan potensi yang ada dalam lingkungan sekolah. Tahap ini diawali dengan proses mengenali apa yang sudah berfungsi dengan baik dan memperluasnya.

2. Kolaboratif

IA melibatkan semua pemangku kepentingan, termasuk guru, siswa, orang tua, dan komunitas lokal. Kolaborasi ini menjadi kesempatan untuk bersinergi yang kuat demi mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

3. Inovatif

Inkuiri Apresiatif mendorong inovasi dalam metode pengajaran dan pembelajaran. Penggunaan teknologi terbaru dan strategi pedagogis yang memotivasi siswa untuk belajar secara aktif dan kreatif adalah bagian dari pendekatan ini.

4. Inklusif

IA menciptakan lingkungan yang inklusif, Lingkungan yang baik bagi setiap individu untuk dapat dihargai dan didorong untuk mencapai potensi penuh mereka. Tentunya tanpa memandang latar belakang atau kemampuan mereka.

5. Persiapan Kepemimpinan

IA juga bertujuan untuk menjadi pusat keunggulan dalam pengembangan kepemimpinan. Sekolah impian mempersiapkan siswa untuk menjadi pemimpin masa depan yang berdaya saing global.

Baca Juga: 6 Contoh Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Guru Penggerak

Pendekatan yang paling tepat untuk mewujudkan visi sekolah impian dan melakukan perubahan dalam manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan adalah IA. Dengan komitmen yang kuat terhadap visi ini, sekolah impian menjadi tempat mimpi-mimpi diwujudkan, potensi diperluas, dan masa depan cerah siswa dibangun. (DNR)


Comments