Pria Asal Lampung Tengah Nekat Curi Motor dan Isi ATM Temannya Sendiri

7 days ago

Pelaku pencurian dan barang bukti yang berhasil diamankan. | Foto: Dok Humas Polresta Bandar Lampung

Lampung Geh, Bandar Lampung - Seorang pria berinisial AO (31) warga Gunung Sugih, Lampung Tengah, nekat mencuri sepeda motor milik temannya sendiri.

Tak hanya mencuri sepeda motor, pelaku juga menguras isi tabungan korban YA (19) warga Kota Bumi, Lampung Utara sebesar Rp 3,1 juta.

Kapolsek Sukarame, Kompol Warsito mengatakan pelaku ditangkap petugas di Jalan Ir Sutami, Kelurahan Campang Raya, Sukabumi pada Senin (6/5) dini hari.

"Terhadap pelaku terpaksa kami lakukan tindakan tegas terukur, karena saat akan kami tangkap, yang bersangkutan coba melawan petugas dan melarikan diri," katanya.

Warsito menjelaskan peristiwa pencurian itu terjadi pada Sabtu (27/4) di parkiran salah satu Cafe yang berada di wilayah Kelurahan Jaga Baya, Way Halim, Bandar Lampung.

"Pelaku AO ini menggunakan kunci duplikat untuk mengambil sepeda motor milik korban. Mereka dulu pernah satu tempat kerja," ucapnya.

Selain mencuri sepeda motor korban, lanjut Warsito, pelaku juga mengambil uang yang ada di ATM korban.

"Di dalam jok sepeda motor ternyata ada kartu ATM milik korban. Jadi pelaku ini tau pin ATM korban karena dulu pelaku ikut membantu korban saat membuka tabungan, dan pelaku mengambil uang sebesar Rp 3,1 juta dari ATM itu,"ungkapnya.

Berdasarkan catatan kepolisian, pelaku AO ternyata residivis kasus pencurian dengan kekerasan di wilayah Kabupaten Lampung Tengah.

"Sepeda motor hasil curian dijual oleh pelaku kepada seseorang di wilayah Lampung tengah senilai Rp 2 juta," tuturnya.

Menurut Warsito, pelaku melakukan aksinya bersama rekannya berinisial RD yang saat ini masih dalam proses pengejaran.

"Pelaku telah ditahan dan dijerat dengan Pasal 363 KUHPidana tentang tindak pidana pencurian," pungkasnya. (Yul/Put)


Comments