Respons Gerindra soal Isu Jokowi Titip Nama di Kabinet Prabowo-Gibran

23 days ago

Presiden Jokowi menganugerahkan pangkat jenderal kehormatan kepada Menhan Prabowo di Mabes TNI Cilangkap, Rabu (28/2/2024). Foto: YouTube/KemhanRI

Prabowo-Gibran disebut sudah mulai menyusun kabinet meski mereka belum resmi ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih di Pilpres 2024.

Terkait penyusunan kabinet ini, peran Presiden Jokowi dipertanyakan. Banyak yang menilai Jokowi akan ambil andil dalam pembentukan kabinet dan menitipkan sejumlah nama.

Waketum Gerindra Habiburokhman mengaku tidak mengetahui apakah Jokowi akan menitipkan sejumlah nama atau tidak dalam kabinet Prabowo-Gibran.

"Saya enggak tahu, saya enggak tahu," kata Habiburokhman kepada wartawan di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (26/3).

Namun ia memastikan Jokowi akan banyak dimintai pendapat oleh Prabowo Subianto soal penyusunan menteri dalam kabinet pemerintahan ke depan.

"Bukan cawe-cawe, pastinya akan dimintai pendapat oleh Pak Prabowo," ujar Habib.
Presiden Jokowi menyematkan pangkat jenderal di pundak Menhan Prabowo di Mabes TNI Cilangkap, Selasa (28/2/2024). Foto: YouTube/KemhanRI

Sebelumnya, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menyatakan, Jokowi masih fokus menyelesaikan agenda pemerintahan sampai Oktober 2024.

"Presiden Jokowi fokus bekerja untuk menuntaskan agenda pemerintahan dan pembangunan sampai akhir masa jabatan 20 Oktober 2024," kata Ari dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (25/3).

Ia menegaskan, pembentukan kabinet mendatang sepenuhnya kewenangan presiden terpilih.

"Pengangkatan menteri dalam kabinet mendatang sepenuhnya menjadi hak prerogatif presiden terpilih setelah dilantik 20 Oktober 2024," kata dia.

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka tiba di kantornya, Senin (25/3/2024). Foto: kumparan

Sedangkan Gibran membantah Jokowi menitipkan nama dalam kabinetnya. Ia menegaskan, urusan menteri adalah kewenangan Prabowo dan dirinya.

"Ya mungkin masukan, tapi penentuannya di Pak Prabowo, ya," kata anak Jokowi ini.


Comments