Shin Tae-yong Ungkap Target Timnas Selanjutnya: Fokus Kualifikasi Piala Dunia

29 Jan

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong di Piala Asia. Foto: Ibraheem Abu Mustafa/REUTERS

Selesai sudah perjalanan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 (2024). Selanjutnya, pelatih kepala Shin Tae-yong akan berfokus membawa timnas berlaga di Kualifikasi Piala Dunia.

Indonesia menyudahi Piala Asia dengan menembus 16 besar sebelum disingkirkan Australia. Hal ini cukup memuaskan karena sudah mencapai target awal.

Shin Tae-yong memberikan apresiasi kepada para pemain yang sudah berjuang selama Piala Asia. Kini, target selanjutnya adalah meraih hasil positif di Kualifikasi Piala Dunia.

''Alasannya saya pikir karena para pemain telah bermain dengan baik, memiliki kepercayaan [untuk tampil baik], dan menjalankan instruksi saya. Saya berterima kasih kepada dukungan dan kepercayaan yang diberikan PSSI kepada saya,'' kata Shin.

Aksi pemain Timnas Indonesia, Rafael Struick, dipantau pelatih Australia, Graham Arnold, pada pertandingan babak 16 besar Piala Asia di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, Qatar, 28 Januari 2024. Foto: Giuseppe CACACE / AFP
''Target berikutnya kami ingin fokus ke Kualifikasi Piala Dunia. Di dua laga pertama di Irak dan Filipina, kami sekali kalah dan sekali seri. Ke depannya kami akan lebih baik,'' lanjutnya.

Penampilan Timnas Indonesia di Piala Asia memang menuai banyak pujian. Salah satunya, dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo.

''Australia ini tim peringkat 25 [ranking FIFA], jauh sekali, kita ada di 144. Ini saya apresiasi untuk tim pelatih dan atlet, juga PSSI, karena saya rasa transformasi sepak bola semakin terlihat secara perlahan menuju arah yang lebih baik,'' ucap Dito.


Comments