TNI Kirim 900 Payung Udara untuk Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

20 days ago

Sejumlah kru pesawat Hercules C-130J TNI AU melakukan koordinasi usai upacara keberangkatan bantuan kemanusiaan untuk Palestina di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (29/3/2024). Foto: Asprilla Dwi Adha/ANTARA FOTO

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memimpin upacara pelepasan prajurit untuk misi kemanusiaan mengirim bantuan ke Gaza, Palestina.

Adapun misi kemanusiaan tersebut dipimpin oleh Danwing 1 Lanud Halim, Kolonel PNB Noto Casnoto, bersama 26 prajurit TNI lainnya.

“Kita sudah selesai dan Kepala Staf Angkatan melepas pasukan yang akan melaksanakan tugas menyerahkan bantuan kemanusiaan ke Gaza dengan menggunakan pesawat Hercules 130 jenis J yang akan membawa 900 PUO (payung udara orang),” kata Agus kepada wartawan di Lanud Halim, Jakarta, Jumat (29/3).

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengecek bantuan usai upacara keberangkatan bantuan kemanusiaan untuk Palestina di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (29/3/2024). Foto: Asprilla Dwi Adha/ANTARA FOTO

Agus mengatakan, bantuan tersebut akan dikirimkan ke Yordania. Sementara itu, bantuan ke Gaza akan dilakukan oleh Angkatan Udara Yordania dengan metode AirDrop atau dijatuhkan dari pesawat menggunakan parasut.

“Nanti 900 itu kita akan serahkan kepada pemerintahan Yordania nanti dari Yordan di airdrop ke Gaza,” ujarnya.

Sejumlah prajurit mengikuti upacara keberangkatan bantuan kemanusiaan untuk Palestina di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (29/3/2024). Foto: Asprilla Dwi Adha/ANTARA FOTO

Agus menyebut total berat bantuan yang dikirimkan seberat 14 ton. Sementara Hercules yang digunakan mampu membawa beban seberat 15 ton.

Lebih lanjut, Agus menyebut bantuan yang dikirim dari Indonesia ini adalah berupa parasut barang dan parasut orang yang dimodifikasi untuk keperluan mengangkut barang. Sementara untuk bantuan lainnya sudah disiapkan Baznas di Yordania.

Sejumlah prajurit mengikuti upacara keberangkatan bantuan kemanusiaan untuk Palestina di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (29/3/2024). Foto: Luthfi Humam/kumparan

“Prajurit kita yang akan berangkat 26 orang, terdiri dari prajurit angkatan darat, angkatan udara. Bantuannya kita akan dari Baznas sudah ada di sana menyiapkan bahan makanan dan perlengkapan yang dibutuhkan. Jadi gitu, bahan makanannya kita beli di sana, makanannya yang cocok untuk saudara-saudara kita di Gaza,” tutup dia.

Dalam upacara pelepasan tersebut, turut hadir pula tiga kepala staf matra TNI yakni KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, KSAL Laksamana Muhamad Ali, dan KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo.

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto (kiri) berjabat tangan dengan prajurit yang ikut misi bantuan kemanusiaan untuk Palestina saat upacara keberangkatan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (29/3/2024). Foto: Asprilla Dwi Adha/ANTARA FOTO

Misi kemanusiaan ini sebelumnya sudah dilakukan simulasi di Magetan yang disaksikan langsung oleh Presiden Jokowi.

"Tadi kita melihat peragaan nge-drop bantuan yang akan kita segera lakukan di Gaza karena Indonesia merupakan salah satu negara yang diberi kesempatan untuk bisa memberikan bantuan ke Gaza, ke rakyat Palestina dengan lewat udara. Karena lewat darat sudah sangat sulit," kata Jokowi dalam keterangannya usai peresmian Inpres Jalan Daerah di Madiun, Jumat (8/3).

"Tadi kita coba terlebih dahulu kira-kira akan seperti apa dengan menggunakan pesawat Hercules dan ini akan segera kita bawa bantuan ke Gaza dan di-drop dari udara dengan pesawat Hercules kita. Tadi sudah disimulasi dan kita lihat hasilnya baik," tuturnya.


Comments