WhatsApp Rilis Fitur Baru Voice Chat: Mirip Voice Call, Bisa Ngobrol 128 Orang

15 Nov

WhatsApp mengumumkan fitur baru voice chat untuk grup besar yang anggotanya lebih dari 33 hingga 128 orang. Foto: WhatsApp

WhatsApp mengumumkan fitur baru yang akan meningkatkan pengalaman berkomunikasi di aplikasi. Fitur anyar ini diberi nama voice chat atau obrolan suara.

Sebelumnya voice chat sudah dirilis duluan di WhatsApp versi beta sebagai uji coba. Fitur tersebut akan diluncurkan resmi secara global dalam beberapa pekan ke depan.

Voice chat menjadi cara baru bagi pengguna WhatsApp untuk berinteraksi dengan grup besar yang banyak anggotanya. Kemampuannya mirip panggilan suara atau voice call grup, tapi dengan cara kerja yang sedikit berbeda.

Misalnya, voice chat tidak akan berdering ke semua anggota seperti voice call grup. Fitur akan mengirim notifikasi dan memunculkan gelembung dalam obrolan (in-chat bubble) yang bisa diketuk untuk bergabung.

Ilustrasi grup WhatsApp. Foto: focal point/Shutterstock

Jumlah orang yang bisa mengobrol di voice chat lebih banyak dibandingkan voice call grup. Voice chat bisa menampung 33 hingga 128 partisipan grup dalam obrolan suara, sementara voice call grup terbatas hingga 32 orang saja.

Ketika voice chat berlangsung, kendali panggilan berada di bagian atas kolom obrolan, sehingga pengguna masih bisa mengirim pesan ke grup di waktu bersamaan. Voice chat juga dilindungi dengan enkripsi end-to-end seperti voice call grup dan fitur percakapan WhatsApp lainnya.

Voice chat akan tersedia di WhatsApp versi iOS dan Android. Peluncurannya dimulai untuk grup WhatsApp yang memiliki anggota 33 orang atau lebih.

Karena grup WhatsApp dengan jumlah partisipan kurang dari 33 orang belum diprioritaskan, untuk sementara waktu kalian bisa memanfaatkan fitur voice call grup.


Comments